Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Manfaatkan Limbah Kayu Menjadi Sesuatu Yang Bernilai

12 Sep 2020 | 16.36 WIB Last Updated 2020-09-12T09:36:54Z

Cimahi, - Umumnya limbah biasa menjadi sampah yang tidak ada nilai dan gunanya lagi, namun jika ada  kemauan dan kreatifitas limbah sebenarnya bisa menjadi hasil karya yang menghasilkan.

Seperti yang dilakukan Soleh (43) warga jalan Usman Dhomiri RT 01 RW 17, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, memanfaatkan limbah kayu yang dipotong-potong lalu dirangkai dalam suatu bingkai hingga menjadi nilai seni yang unik.

"Awalnya kerajinan ini saya buat, karena dorongan dari seorang teman. Dia menyuruh saya untuk memanfaatkan limbah kayu menjadi karya seni." Tutur Soleh, saat ditemui dirumahnya. Sabtu (12/09/20).

Setelah itu, tidak berpikir lama ia mencoba mengolah limbah sampah yang biasanya dibuang, atau paling hanya dijadikan bahan bakar dijadikan sesuatu yang lebih bernilai tinggi.

"Pertama hasil karya yang saya buat, di tawarkan ke salah satu dinas Pemkot Cimahi. Alhamdulillah, direspon baik." Ucap Soleh.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Kota Cimahi, Mohammad Ronny, sangat mengapresiasi karena selain menjadi karya seni, juga bisa mengurangi limbah yang ada. Menurutnya, ini hal yang luar biasa.

"Saya harus hargai orang yang mau melakukan seperti ini, dari sampah jadi karya seni, ini luar biasa." Ungkap Ronny. Saat ditemui dikantornya, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah Blok Jati, Cihanjuang, Cibabat, Kec. Cimahi Utara.

Ia mengajak, masyarakat Kota Cimahi untuk mencontoh atau mereplikasi hasil karya seperti yang dilakukan bapak Soleh, tentunya dengan memodifikasi idenya masing-masing. Sehingga sampah yang tadinya dipandang tidak berguna menjadi sesuatu yang bisa kita nikmati. [ink20]
×
Berita Terbaru Update