Pembangunan Double Track Leuwigajah di bunderan Leuwigajah, Menuai Protes

Pembangunan Double Track Leuwigajah di bunderan Leuwigajah, Menuai Protes


Cimahi, -- Pembangunan Double Track Leuwigajah yang tengah dikerjakan PT. Duta Manggala di bunderan Leuwigajah, menuai protes dari warga seputar kelurahan Utama dan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

Pasalnya selain mendapat gangguan debu dan getaran, warga Kelurahan Utama dan Leuwigajah yang berdekatan dengan lokasi proyek tidak ada yang dilibatkan sebagai tenaga kerjanya.

Hal itu mengemuka saat pertemuan antara Fosma, tokoh masyarakat, Lurah Utama , Dinas PUPR, Disbudparpora, Komisi II dan III DPRD Kota Cimahi, dikantor Kelurahan Utama, Kamis (01/10/20). 

Namun dilain pihak, perwakilan dari PT. Duta Manggala sebagai pelaksana pembangunan Double Track tidak ada yang hadir  memenuhi undangan. 

Ketua Fosma H. Nunu Nugraha mengungkapkan sejak lima tahun lalu pihaknya memperjuangkan penggantian Lapang Krida  Utama  yang saat ini belum tuntas, namun ditengah jalan masyarakat melihat ada pembangunan double track yang dilaksanakan oleh PT. Duta Manggala, tetapi warga hanya jadi penonton karena tak ada yang dilibatkan sebagai pekerja di proyek tersebut. 

“Kami tidak menuntut jadi tenaga ahli tapi disekitar proyek banyak pekerja bangunan yang menganggur, kenapa mereka tidak dilibatkan dalam pekerjaan pembangunan doule track tersebut ?.” ungkap Nunu usai pertemuan. 

Selain itu, sosialisasi pembangunan double track juga tidak dilakukan, sehingga warga bertanya-tanya. Bahkan pihak Kelurahan, Dinas PUPR serta DPRD juga tidak ada koordinasi dari pelaksana proyek double track tersebut. 

“Lurah maupun Dinas PUPR maupun DPRD juga mengaku tidak mendapatkan koordinasi jika pemborong akan memulai pembangunan double track tersebut, mereka tahu saat kami melakukan audensi di DPRD maupun Komisi III beberapa waktu lalu,” jelasnya. 

Hal yang sama disampaikan Ketua Himpunan Pekerja Bangunan Jawa Barat Wawan Hermawan. Menurut dia, pihaknya  meminta agar pelaksana proyek melibatkan pekerja bangunan yang ada disekitar lokasi proyek pembangunan double track tersebut, sehingga ada penyerapan tenaga kerja warga sekitar. 

“Disaat situasi sedang sulit seperti ini para pekeja di Kelurahan Utama dan Lewigajah tidak ikut dilibatkan dalam pekerjaan proyek, padahal hal itu terjadi didepan mata dan kampong halaman mereka,” 

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Cimahi H. Barkah Setiawan menyatakan pelaksana proyek dinilai tidak punya etika, buktinya  tak ada satupun perwakilan PT. Duta Manggala yang hadir memenuhi undangan pertemuan tersebut. 

Tak hanya itu, dia juga meminta agar ada warga Kelurahan Utama atau Leuwigajah yang ikut dipekerjakan di lokasi pembangunan double track tersebut karena warga sekitar yang terkena dampak langsung dari debu dan getaran yang diakibatkan pembangunan double track. 

“Pemborong tidak punya etika, sebaiknya mereka jangan takut  berbagi dengan warga dan  jangan pelit,” paparnya. 

Sedangkan Ketua Komisi III Yus Rusnaya mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi pertemuan yang digagas oleh Fosma terkait dengan aspirasi penggantian lapang krida dan pembangunan double track tersebut. Namun karena pelaksana proyek tidak  ada yang hadir, DPRD Kota Cimahi akan melakukan pemanggilan kepada PT. Duta Manggala untuk melakukan klarifikasi terkait pembangunasn double track tersebut. {AG/ink20]

COMMENTS

Nama

Aceh,1,bagansiapaiapai,1,bali.daerah,1,Bandung,70,Bandung Barat,32,bandung barat Daerah,1,Bandung Raya,7,Banjarmasin,1,Baznas,1,Bekasi,1,Bengkalis,6,Berita,451,Bisnis,13,Ciamis,1,Cianjur,4,Cikalong,1,Cimahi,104,daera,1,Daerah,246,Depok,3,dinkes cimahi,1,DPR RI,1,Dumai,24,Dunia,5,Ekonomi,23,garut,2,Gaya Hidup,1,Hukum,28,humas,1,humas cimahi,1,Info Bisnis,4,Inspirasi Bisnis,6,Internasional,27,Jakarta,31,Jawa Barat,6,Jawa Tengah,1,Jawa timur,1,Kab. Bandung,11,kabupaten bandung,1,kadin,1,Kalteng,1,KCIC,1,kebumen,2,Kegiatan,12,Kejadian,6,Kesehatan,28,Keuangan,1,KNPI,1,Kodim,1,Komunitas motor,1,Kota Padang,1,Kriminal,6,Kuningan,1,lampung,1,Lingkungan Hidup,2,magelang,1,Nasional,126,NTB,1,NTT,1,Olahraga,5,Opini,3,organisasi,1,pangandaran,1,Pariwisata,1,pemkot,1,Pendidikan,16,Penulis,1,Peristiwa,14,Pilkada,13,Pilkada 2020,29,PLN,2,Politik,61,Polri,2,purwakarta,2,Riau,1,rohil,1,Rokan Hilir,3,satgas covid,1,sejarah,3,Semarang,1,Solo,1,Sosial,24,subang,3,Sukabumi,1,Sumedang,1,Surabaya,1,Tangerang,4,Tangerang Selatan,2,Tasikmalaya,1,Teknologi,8,Tni,19,Tokoh,3,
ltr
item
www.nyarink.com: Pembangunan Double Track Leuwigajah di bunderan Leuwigajah, Menuai Protes
Pembangunan Double Track Leuwigajah di bunderan Leuwigajah, Menuai Protes
Pembangunan Double Track Leuwigajah di bunderan Leuwigajah, Menuai Protes
https://1.bp.blogspot.com/-wzX553aARbE/X3cPlzo1dOI/AAAAAAAAAjE/FnP4yU92sUY9_KuEffU6kqyRlYl_nuBbgCLcBGAsYHQ/s16000/double%2Btack%2Bcimhai_nyarink.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-wzX553aARbE/X3cPlzo1dOI/AAAAAAAAAjE/FnP4yU92sUY9_KuEffU6kqyRlYl_nuBbgCLcBGAsYHQ/s72-c/double%2Btack%2Bcimhai_nyarink.jpeg
www.nyarink.com
https://www.nyarink.com/2020/10/pembangunan-double-track-leuwigajah-di.html
https://www.nyarink.com/
https://www.nyarink.com/
https://www.nyarink.com/2020/10/pembangunan-double-track-leuwigajah-di.html
true
9014829778185927291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy