Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Longsor sepanjang 40 meter, akses jalur Limbangan-Cibugel lumpuh total

21 Des 2020 | 17.01 WIB Last Updated 2020-12-21T10:01:44Z



 



NYARINK.COM -- Akses Jalan Cibugel-Limbangan, penghubung Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut, Jawa Barat terputus akibat longsor. Material longsoran yang menimbun ruas tersebut menyebabkan akses jalan Sumedang-Garut lumpuh total.


Kapolsek Cibugel Ajun Komisaris Idan Wahyudin mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 19.30 WIB, pada Minggu (20/12) kemarin, tepatnya di blok Gorowong, Dusun Cipeureu, Desa Buanamekar, Kecamatan Cibugel.


Material longsor menutupi badan jalan penghubung Cibugel-Limbangan Garut tersebut hingga sepanjang 40 meter.


"Longsor sepanjang 40 meter dengan ketinggian sekitar 11 meter. Akibatnya akses jalan jalur Limbangan-Cibugel lumpuh total," kata Idan.


Idan menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut lantaran saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas.


"Alhamdulillah tidak korban jiwa, lokasinya memang di wilayah perkebunan, dan cukup jauh dari permukiman warga," ujarnya.


Idan menyatakan akses Jalan Limbangan-Cibugel masih belum dibuka hingga siang tadi. Saat ini petugas gabungan masih siaga dengan melakukan evakuasi material longsoran.


Sementara itu, Camat Cibugel Cincin Sondali mengatakan upaya menyingkirkan material longsor dilakukan dengan cara menerjunkan alat berat beko.


"Selain menggunakan alat berat, warga bersama unsur TNI, Polri, serta Satpol PP juga ikut membantu membersihkan jalan dari material longsor, dengan alat sederhana," kata Cincin.


Cincin mengatakan alat berat digunakan karena material longsor yang menutupi badan jalan sangat banyak. "Material longsor berupa tanah dan batang pohon bambu," ujarnya.(Sumber:CNN/Ink20)


×
Berita Terbaru Update