Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Pedagang Mie Warga Desa Kadatuan Selamat Dari Pohon Tumbang

15 Des 2020 | 13.31 WIB Last Updated 2020-12-15T06:31:50Z

Kondisi Longsor, jembatan ditutup sementara
 

NYARINK.COM, KUNINGAN -- AKIBAT curah hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus mengguyur, sebuah pohon besar tumbang ke sungai Cikakar di Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, Kuningan,  akibatkan Tebing Penahan Tanah (TPT) longsor, Senin (14/12/2020) sekitar Pukul 14.45 WIB.


Kalak BPBD Kab Kuningan Indra Bayu Permana saat meninjau lokasi mengatakan,  bencana longsor itu terjadi tepatnya di Dusun Kliwon RT 01/RW 01 Desa Cirukem Kec. Garawangi Kab. Kuningan. 


“Siang itu hujan cukup deras dengan intensitas tinggi yang terus menerus mengguyur sejak pukul 13.30 hingga pukul 16.45 WIB, tutur dia.


Tak diduga tiba-tiba sebuah pohon besar ditepi jalan tumbang ke sungai Cikakar dan saat itu pula terjadi longsor yang mengakibatkan bahu jalan tergerus longsor sepanjang 10 X 20 X 2 meter.


Tobing (35) pedagang Mie warga desa Kadatuan saat  berteduh di bawah pohon tersebut, berhasil menyelamatkan diri, namun motor miliknya terseret longsor.


“Motor yang nyaris terkubur tanah itu, berhasil diseret dengan menggunakan tambang dan diangkat beramai-ramai oleh warga setempat," ujarnya.


Sejauh ini, dilaporkan tak ada korban jiwa, sedangkan kerugia materil masih dalam pendataan.


Sementara itu, Babinsa Desa Cirukem  Sukirman, petugas Polsek bersama Perangkat Desa dan masyarakat membantu mengalihkan arus lalu lintas dan jalan desa ditutup sementara untuk mengantisifasi terjadi longsor susulan.


Pihak Desa melaporkan bencana tanah longsor itu ke Dinas PUPR


Kalak BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana mengatakan, dalam musim penghujan saat ini warga masyarakat dihimbau, “agar waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana alam banjir, longsor, angin kencang dan bencana lainnya seperti gempa yang terjadi di desa Cipondok Kec Cibingbin, yang mengakibatkan 23 rumah warga mengalami kerusakan”, ungkap Indra. (Ink20)

×
Berita Terbaru Update