Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pelibatan Polri dan TNI Dinilai Perlu Bantu Pemerintah Daerah dan Masyarakat

17 Des 2020 | 07.53 WIB Last Updated 2020-12-17T00:53:34Z


 

NYARINK.COM, CIMAHI -- Pelaksana Tugas  (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menghadiri acara Konsilidasi Tim Pemantauan dan Pengawasan Wilayah bersama para Komandan Rayon Militer (Danramil), Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) serta jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang bertugas di wilayah Kota Cimahi, bertempat di Café Meloh Pasirhalang Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (16/12). 


Menurut Ngatiyana, acara konsolidasi tim pemantauan dan pengawasan wilayah ini bermakna positif khususnya manakala pada saat ini bangsa Indonesia sedang berusaha bangkit dan melanjutkan pembangunan di tengah situasi pandemi Covid-19. 


Dalam hal ini, pelibatan aparat Polri dan TNI dinilai perlu untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam rangka penanggulangan maupun percepatan penanganan dampak dari pandemic tersebut.


"Untuk mendukung upaya perbaikan situasi dan kondisi bangsa, khususnya di masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini, maka stabilitas Kamtibmas harus diwujudkan, dipelihara dan dipertahankan secara selaras dan seimbang dan berkesinambungan di dalam sistem / tatanan kehidupan kenegaraan guna mendukung terselenggaranya kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar purnawirawan TNI-AD berpangkat Letnan Kolonel tersebut. 


Dikatakan Ngatiyana, untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat  memang perlu ada koordinasi dan partisipasi dari semua pihak antara lain pemerintah, Polri dan pihak lainnya, khususnya TNI-AD melalui aparatur Babinsa-nya, yang memiliki wewenang dalam memberikan perlindungan, penganyoman dan pelayanan kepada masyarakat. 


Untuk mewujudkannya, maka diperlukan koordinasi yang baik antara jajaran pemerintah daerah dan Polri dan TNI (AD) melalui jajaran bhabinkamtibmas dan Babinsanya. Hal ini penting agar sinergi polisional bhabinkamtibmas dapat dioptimalkan sehingga betul-betul dapat dirasakan dan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


Untuk itulah, pihaknya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan Konsolidasi Tim Pemantauan Dan Pengawasan Wilayah yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa Kota Cimahi tersebut.


"Kami berharap, rekan-rekan Danramil, Kapolsek, beserta para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan jalinan komunikasi antara satu sama lainnya, sebab antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus saling bersinergi dalam mengoptimalkan tugas dan fungsinya masing-masing, sekaligus menjalin hubungan yang harmonis dengan jajaran aparatur pemerintah daerah pada tingkatan terkecil yaitu kelurahan, RW dan RT," imbuh Ngatiyana.


Turut hadir mendampingi Plt. Wali Kota pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kesatuan  Bangsa Kota Cimahi beserta jajarannya. (IKPS/Ink20)

×
Berita Terbaru Update