Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Pemilihan Ketua RW 17 Taman Bukit Cibogo Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan, Menjadi Perhatian Khusus Oleh Beberapa Pihak

12 Jan 2021 | 16.13 WIB Last Updated 2021-01-12T09:13:58Z

pemilihan rw ilustrasi(net)

CIMAHI, NYARINK.COM -- Pemilihan Ketua RW 17 di lingkungan Taman Bukit Cibogo Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan (10/01), menjadi perhatian khusus oleh beberapa pihak, salah satunya Iwan Setiawan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cimahi.


Iwan mengatakan bahwa fenomena ini harus di jadikan pembelajaran bagi pemerintahan dan masyarakat, sebab hal demikian telah di atur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri.


“Pemerintah setempat harusnya paham, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 Pasal 8 ayat 5, yang menyebutkan pengurus lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dilarang merangkap jabatan pada LKD lainnya dan dilarang menjadi anggota salah satu partai politik”,ucap Iwan saat ditemui di kediaman nya.


“Contohnya saya sendiri dan beberapa rekan saya setelah menjadi anggota dewan saya melepaskan jabatan Rw”, ketusnya.


Lebih lanjut ia menegaskan bahwa Rw 17 terpilih yaitu Wahyu Widiatmoko yang juga sebagai Ketua DPD Partai PKS dan satu pekerjaan di Komisi satu DPRD Cimahi, seharusnya paham mengenai peraturan permendagri no 18 tahun 2018, belum lagi Kota Cimahi sudah mempunyai peraturan daerah (perda), hanya tinggal menunggu harmonisasi dari pihak Provinsi Jawa Barat.


“Harusnya dia mengundurkan diri dan memberikannya kepada yang lain, pasalnya anggota dewan sebagai lembaga politik tidak boleh memegang dua jabatan”, tegasnya.


Sementara di tempat yang berbeda, salah satu tokoh masyarakat Deddy Supriadi mengatakan, sebagaimana yang sudah di tuangkan dalam permendagri no 18 tahun 2018, sebaiknya tunduk dan taat pada peraturan tersebut dan yang telah diperkuat oleh Perda Kota Cimahi, apalagi dia salah satu regulatornya.


“Kelalaian atau ke tidak pahaman panitia penjaringan calon, kita maklumi, akan tetapi Wahyu nya sendiri yang harus paham dan mengerti, bahwa pelaksanaan pemilihan ketua Rw 17 cacat hukum”, pungkasnya.


Diwaktu yang sama, Wahyu Widiatmoko ketua DPD PKS yang juga anggota DPRD Kota Cimahi Komisi Satu dan sebagai ketua Rw terpilih belum memberikan keterangan saat dihubungi melalui pesan whatsapp.(Ink21)


×
Berita Terbaru Update