Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Uu Ruzhanul Ulum, Jabar Memiliki Potensi Luar Biasa Di Sektor Perikanan.

13 Jan 2021 | 08.16 WIB Last Updated 2021-01-13T01:16:02Z

uu ruzhanul melakukan penebaran ikan(humas)

TASIKMALAYA, NYARINK.COM -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, Jabar memiliki potensi yang luar biasa di sektor perikanan. 


Guna memunculkan potensi tersebut, Kang Uu menebarkan puluhan ribu benih ikan tawes, nilem, dan nila, di Sungai Cidukuh dan Cimulu, Kota Tasikmalaya, penebaran benih ikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan, khususnya ketersediaan.


Masyarakat di sekitar tepi Sungai Cidukuh dan Cimulu pun diharapkan dapat menjaga kelestarian sungai sehingga benih ikan yang ditebar dapat tubuh, berkembang biak, dan menjadi bahan pangan. 


"Kenapa di sungai ini? Saya berharap kepada masyarakat ada kesadaran bahwa jangan buang sampah ke sungai. Di sungai ada ikan yang menjaga ekosistem, menjaga lingkungan sehingga sungai tetap lestari," ucapnya. 


"Mudah-mudahan dengan adanya seperti itu masyarakat tidak lagi membuang sampah ke selokan. Karena kita tahu membuang sampah ke selokan adalah sangat fatal (akibatnya)," imbuhnya. 


Kang Uu berharap dengan penaburan benih ikan, konsumsi ikan masyarakat Jabar akan meningkat. Apalagi, ikan menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi balita untuk meningkatkan kecerdasan. 


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar Hermansyah melaporkan, benih ikan yang ditebar kali ini sebanyak 77.000 ekor. Rinciannya, ikan tawes 32.000 ekor, ikan nilem 40.000, dan 5.000 ekor ikan nila. Benih ikan nila merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya. 


Selain ditebar di dua sungai tersebut, benih ikan diserahkan kepada kelompok tani di Kelurahan Panglayungan. 


"Maksud dan tujuan dari penebaran benih ini bisa menambahkan populasi ikan di alam," ucap Hermansyah. 


"Mudah-mudahan ikan-ikan ini berkesempatan tumbuh besar dan berkembang, sehingga nanti hasilnya menjadi konsumsi masyarakat di sekitar," tambahnya.(Ink21)



×
Berita Terbaru Update