Notification

×

Iklan

Indeks Berita


80% Anggaran Desa Ciwaruga di Pakai Untuk Bantuan Covid-19

10 Feb 2021 | 13.29 WIB Last Updated 2021-02-10T09:57:33Z

Tim Monev Kecamatan Parongpong tengah berikan pembinaan


KBB, NYARINK.COM -- Sebagai pembina tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tingkat Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berkewajiban melakukan pengawasan dan evaluasi pemerintah desa, sebagaimana yang telah di amanatkan Peraturan Bupati KBB.


Sekretaris Kecamatan Parongpong, Agus A Setiawan mengatakan sebagai tim monitoring pihaknya berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan anggaran dana desa  yang telah dipergunakan Desa Ciwaruga.


"Kami sebagai tim ingin mengetahui sampai sejauhmana pertanggung  jawaban penggunaan anggaran dana desa tahap lll yang sudah digunakan Desa Ciwaruga," ujar Agus, saat dihubungi. Rabu (10/2/21).


Asep menyebut pada Monev anggaran tahap satu dan dua pada 2020, anggaran yang terpakai untuk kebutuhan dana desa tidak terlalu minus. Lagi pula, lanjutnya, anggaran saat ini banyak dipergunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).


"Kebetulan penerima BLT didesa Ciwaruga banyak sekali. Jadi anggarannya 80% digunakan untuk Covid-19." Beber Agus.


Dijelaskannya, pelaporan pertanggung jawaban dana anggaran dana desa saat ini tidak terlalu rumit. Sebab, yaitu tadi dananya sebagian besar diperuntukan untuk dana bantuan.


Sementara, Kepala Desa Ciwaruga Dadang Carmana. A.Md, membenarkan jika anggaran yang didapatnya sebagian besar belanjanya untuk keperluan membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.


Selain itu, pihaknya mengaku telah membelanjakan dana tahap lll untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan dan lainnya sesuai anggaran dan pendapatan desa.


"Jadi kami telah menyampaikan pelaporan pertanggung jawaban keuangan sesuai dengan kebutuhannya yakni baik untuk bantuan Covid-19, pembangunan infrastruktur maupun untuk pemberdayaan." Pungkasnya.


Editor : Ink21

 


×
Berita Terbaru Update