Notification

×

Iklan

Indeks Berita

WAJA Sagala Aya Sangajaman Harapkan Bisa Jadi Wisata Kuliner di Cimahi

12 Feb 2021 | 16.23 WIB Last Updated 2021-02-13T08:16:42Z

Soft louncing Waja sagala aya di jalan Sangkuriang  no 87, oleh Kasie UMKM Disdagkoperin Kota Cimahi Mochammad Amien, disaksikan Ketua Sangajaman Drs. Kosasih S Wiraatmadja, M. AP beserta jajaran dan wakil pelaku UMKM.


CIMAHI, NYARINK.COM -- Sebagai wadah yang ingin menawarkan peningkatan hasil penjualan, Warung Jajanan (WAJA) sagala aya diharapkan menjadi salah satu alternatif pilihan para pelaku UMKM di Kota Cimahi.


Ketua komunitas ekonomi kreatif dan pariwisata Sawangun Jati Mandiri  (Sangajaman), Drs. Kosasih S Wiraatmadja, M. AP menjelaskan, komunitas ini merupakan program bersama pelaku ekonomi kreatif UMKM Kota Cimahi yang bergerak di bidang kuliner, kerajinan, budidaya, kesenian dan jasa.


Kosasih menyebut, jumlah anggota yang sudah tergabung di komunitas Sangajaman sebanyak 32 pelaku UMKM, diantaranya 15 pelaku Kerajinan, 4 pengrajin Cemilan, 6 pengrajin Oleh-oleh Cimahi, dan 7 pengrajin makan dan minuman.


Nantinya, kata dia, hasil produksi mereka akan dibantu dalam pemasarannya. Produk yang mereka jual akan dipasarkan di Waja sagala aya yakni di jalan Sangkurian no 78 Rt 03 Rw 20.


"Kita akan bahu membahu membantu pemasaran hasil produksinya dalam satu lokasi yang sama. Namun waktunya diatur untuk setiap harinya. Seperti untuk sarapan dimulai dari pukul 06.00 – 09.00 WIB, Maksi 10.00 – 14.00 WIB, dan Ngopi 17.00 – 21.00 WIB." Ungkap Kosasih. Saat di temui, Jumat (12/2/21).


Ia berharap, tempat dimana komunitas Waja sagala aya Sangajaman menjajakan jajanan atau hasil krearifitasnya menjadi salah satu alternatif tempat wisata kuliner bagi masyarakat Kota Cimahi. Dengan begitu para pelaku usaha mampu mempertahankan usahanya agar tetap berjalan dan berpenghasilan.


Sementara, menurut Bidang Promosi dan kerja sama, Dian Primastuti, komunitas ini merupakan sarana untuk memperlihatkan hasil produksi mereka kepada masyarakat. Selain itu, wadah ini juga sebagai penetrasi awal pemberdayaan bagi para pelaku yang tergabung didalamnya.


Untuk itu, Dian mengajak kepada warga masyarakat yang ada di Kota Cimahi untuk berkenan datang kesini. "Ayo datang kesini, di jalan Sangkuriang no 78." Ujarnya.


Masih pada kesempatan yang sama, Kasie UMKM Disdagkoperin Kota Cimahi, Mochammad Amien, sangat mengapresiasi kegiatan soft louncing para pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas Sangajaman.


Menurutnya, kegiatan ini akan jadi jembatan juga sekaligus sebagai ruang interaksi masyarakat untuk lebih mengenal produk  UMKM yang ada di Kota Cimahi.


"Setidaknya ruang interaksi seperti ini bisa membuka peluang untuk para pelaku UMKM bisa tumbuh dimasa sulit seperti sekarang." Ungkap Amien.


Lebih lanjut, pihaknya mengaku setiap tahunnya selalu mensupport para pelaku UMKM dengan program yang sudah terencana atau reguler, maupun program non APBD.


Editor : Ink21

 

×
Berita Terbaru Update