Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Ami, Masih Banyak Developer Yang Belum Serahkan PSU ke Pemkot Cimahi

10 Mar 2021 | 09.19 WIB Last Updated 2021-03-10T02:21:39Z

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani
 

CIMAHI, NYARINK.COM -- Sebenarnya jika menurut Undang-undang nomor 1 tahun 2011, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2009, dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 10 tahun 2017 Tentang Penyediaan Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Pemukiman, Developer atau pengelola perumahan wajib menyerahkan fasos dan fasum kepada pihak pemerintah.

Menurut Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani, bagi pengelola yang sudah menyerahkan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU),  Pemerintah  akan menjamin ketersediaan  PSU agar tidak beralih fungsi. Kemudian, menjamin kepastian hukum bagi pengembang dan pemilik rumah di perumahan atas pemanfaatan PSU.

"Jangan sampai terjadi seperti di Komplek perumahan Fadjar Raya, karena administrasi PSU nya belum diserahkan kepada kita, yang terjadi kena mafia tanah. Mereka jadinya berhadapan dengan warga perumahan, bukan dengan pemerintah," ungkap Ami, saat di temui dikantornya. Selasa (09/3/21).

Ami menyebutkan, sampai sejauh ini baru ada 23 dari 101 perumahan yang baru menyerahkan PSU kepada Pemerintah Kota Cimahi. Ia mensinyalir para pengelola atau developer perumahan menganggap remeh. Padahal jika terjadi sesuatu terkait hukum, mereka juga akan terseret.

"Mereka yang sudah menyerahkan status hukum PSU nya ke pemerintah  tidak akan terseret hukum lantaran sudah menjadi tanggung jawab pemerintah. Tapi berbeda dengan yang belum, mereka harus bertanggung jawab sendiri." Terangnya.

Untuk itu, ia meminta kesadaran kepada para pengelola atau developer agar mau segera menyerahkan PSU kepada pemerintah. Karena jika tidak dilakukan, selain akan merugikan pemerintah atas ketersedian Ruang Terbuka Hijau (RTH), mereka juga akan dirugikan secara hukum. 

"Kasus oknum menduduki lahan yang tidak bertuan di perumahan kasusnya sudah banyak terjadi, dan mereka yang tidak menyerahkan PSU tetap akan terbawa secara hukum." Bebernya.

Selama ini, kata dia, pihaknya selalu mengaudit dan melakukan pengawasan atas ketersediaan PSU perumahan yang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah. Ia juga menegaskan akan melakukan pemetaan bagi mereka pengelola yang masih bandel belum menyerahkan adminustrasi kepada Pemkot.


Editor : Ink21

×
Berita Terbaru Update