Notification

×

Iklan

Indeks Berita


UMKM Kota Bandung Berpeluang Tembus Pasar Internasional Lebih Luas

5 Mar 2021 | 14.19 WIB Last Updated 2021-03-05T07:19:10Z

 

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon (poto net)

BANDUNG, NYARINK.COM --  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Bandung berpeluang tembus pasar internasional lebih luas. 

Hal ini seiring dengan rencana Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang akan menjembatani kerja sama antara pemerintah kabupaten/kota, termasuk Kota Bandung dalam berbagai bidang dengan negara lain.

Hal itu terungkap saat Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon berbicara pada acara "Diplomasi Parlemen DPR RI" di Hotel Mercure City Centre, Kota Bandung.

Ia memastikan, adanya BKSAP akan membantu seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan negara lain.

"Melalui parlementer diplomasi di berbagai negara atau forum internasional, kita bisa mempromosikan produk-produk UMKM atau menjembatani aktivitas dari sister city, sister provinsi, melalui jalur parlemen," terangnya.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang hadir pada acara tersebut menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyambut gembira atas hal tersebut.

Hadirnya BKSAP dapat memudahkan kerja sama internasional antara Pemkot Bandung dengan berbagai negara. Sebab, selama ini mekanisme untuk bisa menjalin kerja sama dengan negara lain relatif sulit."ucapnya.

Yana menambahkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan Pemkot Bandung dengan adanya BKSAP ialah, mendorong pemasaran produk-produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) ke kancah internasional.

Terkadang Pemda punya keterbatasan melakukan kerja sama dengan pihak luar, Itu harus lewat dewan. Sementara kita rata-rata mendorong UMKM atau apa, mungkin akan lebih leluasa dengan BKSAP," terangnya.

Selama ini, Pemkot Bandung telah berhasil mengekspor produk-produk UMKM ke berbagai negara, diantaranya Australia, Afrika, Selandia Baru, dan sejumlah negara di Asia.(Ink21)


×
Berita Terbaru Update