Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Warga Lansia Cibabat, Sudah Lama Ingin di Vaksin Covid-19

12 Mar 2021 | 09.17 WIB Last Updated 2021-03-12T02:17:55Z

Lurah Cibabat Seta Dewa saat meninjau Vaksinasi Lansia di Puskesmas Cimahi Utara
 

CIMAHI, NYARINK.COM -- Warga kelompok Lanjut Usia (Lansia)  RW 08 Kelurahan Cibabat, yang menjadi sasaran prioritas mendapat Vaksin Covid-19,  tampak antusias datang ke Puskesmas Cimahi Utara, tempat dimana mereka akan mendapat cairan antibodi.


Jonhar, salah seorang lansia penerima vaksin Covid-19 mengaku, sangat membutuhkan vaksin karena diketahui wabah ini belum ada obatnya. Terlebih, bagi lansia seperti dirinya yang rentan tertular. 


"Saya sebenarnya sudah lama ingin divaksin. Karena jika tidak, usia saya yang sudah lansia ini sangat beresiko tinggi. Apalagi wabah ini belum ada obatnya, jadi salah satu jalannya kita semua harus divaksin," ujar Jonhar, saat ditemui usai menerima vaksinasi. Kamis (11/3/21).


Menurut kepala Puskesmas Cimahi Utara, dr. Irene Herdi, untuk mencegah paparan covid-19, penyuntikan vaksin harus memprioritaskan bagi mereka yang rentan tertular. Seperti salah satunya kelompok usia lanjut.


Meski menjadi prioritas, tidak semua lansia yang sudah terdaftar bisa langsung di vaksinasi. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah, menjadi alasan sejumlah lansia harus menunda vaksinasi.


"Apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang mengalami demam 37,5 derajat cel￾cius ke atas, maka kami dengan terpaksa harus menunda sampai calon penerima terbukti sembuh dan bukan pendarita Covid-19," tegas Irene.


Untuk selanjutnya, saat kembali kunjungan mereka akan di screening ulang. Jika memiliki salah satu penyakit paru seperti asma, PPOK, dan TBC, maka pasien belum bisa di vaksin  sampai kon￾disi pasien terkontrol baik.


“Biasanya kan punya dokter spesialis, jadi kalau sudah kontrol, akan saya mintakan rekomendasinya dulu. Apakah pasien bisa divaksin atau tidak?,” ungkapnya.


Melihat antusias warganya, Kepala Kelurahan Cibabat, Seta Dewa, sangat mendukung dan apresiasi warganya yang sudah mau datang. Diketahui, kelompok lansia merupakan salah satu yang dikatagorikan rentan terpapar, lantaran imun tubuhnya yang sudah banyak berkurang.


"Saya selaku Lurah, sangat mendukung vaksin yang memprioritaskan lansia." Tandas Seta.


Dirinya berharap, langkah yang baik ini mampu menurunkan bahkan menghentikan baik penyebaran maupun angka kematian akibat Covid-19. Selain itu, mudah-mudahan vaksinasi ini juga bisa menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) di masyarakat.


×
Berita Terbaru Update