Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Pemudik Yang Lolos Harus Siap di Test Antigen, Polres Cimahi Siapkan 2 Ribu Rapid Test Antigen

15 Mei 2021 | 18.08 WIB Last Updated 2021-05-15T11:10:42Z

Salah seorang pemudik tengah menjalani test antigen di Rest area Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. (foto, Gala)

NYARINK.com -- Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, akan lakukan test antigen bagi para pemudik yang berhasil lolos, di Rest Area Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu 14 Mei 2021.


Kendaraan dengan nomor polisi luar daerah diarahkan petugas kepolisian untuk memasuki rest area. Kemudian diperiksa surat keterangan sehat berupa hasil test negatif Covid-19.


Pemudik yang tidak bisa menunjukan surat keterangan sehat, diarahkan menuju tenda pemeriksaan rapid test antigen. Ada petugas kesehatan dari Dokter Polisi (Dokpo) dan Dinkes Kota Cimahi.


"Kami menekankan masyarakat yang berhasil mudik dari luar Bandung Raya, kami stop, ditanyakan surat sehat. Apabila nggak bawa, kami suruh rapi test antigen," kata Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto saat ditemui disela-sela kegiatan.


Pemeriksaan rapid test antigen ini akan dilakukan selama arus balik lebaran tahun ini, atau hingga 24 Mei mendatang khusus masyarakat yang berhasil lolos penyekatan.


"Kami siapkan 2.000 Rapid Antigen, kita laksanakan hari ini sampai tanggal 24 Mei, karena diperkirakan tanggal 17 aktivitas kerja sudah mulai, jadi diperkirakan 2 hari kedepan ada lonjakan arus balik," ujar Sudirianto.


Diakuinya, selama proses penyekatan pemudik ada saja yang lolos dan berhasil pulang kampung. Untuk itu, rapid test antigen ini sangat penting untuk mengantisipasi penularan Covid-19.


"Kalau ditemukan ada yang positif, kami akan arahkan ke Satgas Covid-19, dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi," sebutnya.


Hingga saat ini, sudah ada sekitar 50 pemudik yang hendak pulang ke daerah asal yang dilakukan rapid test antigen. Hasilnya diketahui negatif semua atau non reaktif. (***)


×
Berita Terbaru Update