Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Ridwan Kamil Kunjungi Islami Center. Khofifah, Ucap Terima Kasih Gedungnya Akan Di Desain Ulang.

Minggu, Mei 30, 2021 | 22.18 WIB Last Updated 2021-05-30T15:37:04Z

Ridwan Kamil di dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur saat berkunjung guna mendesain Ulang Gedung Islami Center Surabaya

 













Nyarink.com - Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil meninjau lokasi Gedung Islamic Center Surabaya. Ini dilakukan guna memenuhi permintaan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indra Parawansa atas kunjungannya ke Jabar pada April 2021. 


Didampingi Khofifah dan Wakilnya Emil Dardak, Gubernur Ridwan Kamil tiba di Surabaya pukul 15.00 WIB. Saat pertemuan, Ridwan Kamil rencananya akan mendesain ulang Gedung beserta lahannya seluas 3,1 hektare. 


"Kalau mendesain sesuatu harus datang ke lokasi. Saya tidak pernah mengimajinasikan sebuah bangunan tanpa melihat lokasinya. Jadi persiapan hari ini adalah survei apakah nanti lahannya luas, sempit, bentuknya kotak, segitiga, lingkaran itu harus dilihat kasat mata," ujarnya Sabtu (29/5/2021).


Setelah melihat fasad gedung, Kang Emil menyebut, desain baru gedung Islamic Center Surabaya tampak harus terlihat megah dari sisi Arsitektur, terutama yang menghadap ke jalan raya agar warga tidak hanya melintas, namun sebaliknya akan menjadi magnet    untuk berhenti dan masuk.


"Gambaran arsitektur pokoknya akan cetar. Artinya akan Wow secara visual dan semarak.  Sehingga bisa memanggil orang yang tadinya hanya lewat, bisa masuk untuk beribadah, selain tempat ibadah, nantinya gedung tersebut akan menjadi pusat wisata religi," ungkapnya.


Kang Emil memastikan, dalam beberapa minggu dirinya akan menyerahkan rekomendasi desain baru gedung Islamic Center Surabaya kepada Gubernur Jatim.


Di tempat yang sama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa, menyampaikan terima kasihnya kepada Ridwan Kamil yang bersedia mendesain ulang dengan meninjau langsung ke lokasi.


"Saya dan Pak Wagub menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Pak Gubernur Jabar. Pak RK (Ridwan Kamil) kan seorang arsitek, saya mohon kepada beliau untuk membantu mendesain ulang Islamic Center dan alhamdulillah beliau hadir di sini," ujarnya.


Menurutnya, banyak arsitektur masjid yang dirancang Ridwan Kamil menjadi landmark daerah bahkan hingga di luar negeri. "Beliau arsitek, spesifik lagi, banyak masjid yang didesain oleh beliau," ucap Khofifah.


Ia menyampaikan bahwa, gedung Islamic Center Surabaya sepenuhnya merupakan aset milik Pemda Provinsi Jatim. Masyarakat Surabaya menginginkan agar gedungnya bisa dibangun ulang, agar lebih representatif dan up to date dari segi arsitektur.


"Islamic Center (Surabaya) memang sangat banyak yang merekomendasikan untuk didesain ulang, diperluas dan ingin arsitekturnya bisa lebih update dan representatif," tuturnya.


Khofifah menyebut, Pemda Prov Jatim telah menyiapkan anggaran Rp 9 miliar untuk renovasi gedung Islamic Center. Namun angka tersebut bisa saja berubah tergantung dinamika yang terjadi.


"Sementara alokasinya Rp 9 miliar tapi bisa berubah mengikuti dinamika arsitekturnya. Pakai anggaran tahun 2021," katanya.

Khofifah menilai, kerja sama Jabar-Jatim ini merupakan bentuk komunikasi yang baik dan meningkatkan kerja sama antardaerah. "Kami berkomunikasi cukup intensif sehingga partnership antardaerah bisa meningkat," ucap Khofifah. (Burhan/Ink21)



×
Berita Terbaru Update