Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Desa Jaya Mekar Apresiasi Warga Inovatif Sampah di Sepuluh RW.

8 Jun 2021 | 14.12 WIB Last Updated 2021-06-08T18:53:28Z

 

Kantor Desa Jaya Mekar,Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Nyarink.com -- Inisiatif warga  membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berlokasi dipinggir selokan RW 07 Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat mendapat perhatian dari pemerintah Desa setempat.


Sebagai bentuk perhatiannya pemerintah Desa memberikan bantuan alat pengolahan sampah dan akan membangunan Infrastruktur pendukungnya. 


"Kita akan gunakan dana desa, asal harus memenuhi kriteria dan kelengkapan," cetus Sekretaris Desa Jaya Mekar, Mulyono. Senin (07/06).


Dikatakannya, keberadaan sampah di lingkungan masyarakat memang selalu menjadi sorotan pemerintah pusat maupun desa. Banyak hal yang mesti diperhatikan jika keberadaanya tidak ingin mengganggu lingkungan. 


Mulyono berpendapat, semua  tergantung masyarakat itu sendiri. Untuk itu pemerintah harus terus hadir untuk memberikan pembinaan. Nantinya, bukan hanya masyarakat saja yang di utungkan tapi juga pemerintah. 


"Jika Sampah dikelola dengan baik apalagi bisa menjadi nilai  jual, berarti harus ada pembinaan di masyarakat dan itu tugasnya Pemerintah," tagasnya.


Pokok utamanya adalah kesadaran dari masyarakat. Makanya, pihak Desa Mekar Jaya ingin memberikan perhatian penuh saat kesadaran itu muncul dari masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak akan lagi nyampah sembarangan.


"Jelas inisiasi ini mesti kita dukung dengan pembinaan secara produktif, demi masa depan." Pungkasnya. 




Silakan masyarakat berinovatif dan kreatif dengan permasalahan sampah dilingkungan. Karena jika tidak dengan kita oleh siapa lagi sampah dikelola, tutupnya. (Ink 21)

×
Berita Terbaru Update