Notification

×

Iklan

Indeks Berita


Bupati Bengkalis resmi meluncurkan forum Bank Sampah Kelurahan Pematang Pudu

5 Jul 2021 | 18.30 WIB Last Updated 2021-07-05T11:30:23Z

Bupati Bengkalis Kasmarni resmi meluncurkan forum Bank Sampah Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau.

NYARINK.COM - Bupati Bengkalis Kasmarni resmi meluncurkan forum Bank Sampah Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Senin (5/7/2021). Launching Bank Sampah di Kelurahan Pematang Pudu tersebut, ditandai dengan pemberian penghargaan kepada para kelompok Bank Sampah atas partisipasi mendukung program Bengkalis menabung sampah.


Bupati perempuan pertama di Negeri Junjungan tersebut mengatakan persoalan sampah telah menjadi permasalahan besar di Negeri ini dalam upaya untuk menciptakan lingkungan bersih, maka pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu sampai ke hilir.


"Forum Bank Sampah memiliki peran strategis sebagai tempat dimana pemerintah dapat memberikan fasilitasi dalam melaksanakan program dan kegiatan, juga menjadi jejaring untuk berbagi informasi terkait kebijakan, teknologi pengelolaan sampah maupun investasi untuk pemanfaatan sampah sebagai modal pembangunan, menuju Bengkalis bersih sampah Tahun 2025", ujar Kasmarni.


Kasmarni mengajak kepada masyarakat untuk bersama memanfaatkan sampah sebagai sumber daya ekonomi. Salah satu pilihan yang tepat untuk menerapkan paradigma pemanfaatan tersebut dengan memperbanyak jumlah bank sampah yang ada di kecamatan, kelurahan dan desa. Karena bank sampah memiliki prinsip dasar menyimpan sampah, menabung, menghasilkan uang, mengubah perilaku dan menjaga kebersihan serta pengelolaan yang ramah lingkungan.


Kegiatan seperti ini harus kita lakukan secara maksimal dan berkelanjutan. Untuk itu, kami minta kepada stakeholder terkait seperti Dinas lingkungan Hidup (DLH), perguruan tinggi dan dunia usaha maupun para penggiat lingkungan, terus lakukan pendampingan dan galakkan kembali pembangunan bank sampah baru secara mandiri di Kabupaten Bengkalis", pintanya.


Direktur Bank Sampah Pematang Pudu Lambas Hutabarat mengatakan sampah berhubungan erat dengan kebiasaan masyarakat, Jika tidak diantisiapasi dengan baik maka keberadaan sampah akan membahayakan bagi generasi muda. Mari menabung sampah dari usia dini, selain menjadi lingkungan bersih, sampah bisa dimanfaatkan menjadi penghasilan bagi masyarakat.


Hadir mengikuti launching forum Bank Sampah tersebut Anggota DPRD Bengkalis Hendri Hasibuan, Rektor Unilak Junaidi, Direktur PT. CPI Mandau, Rudi Arief, Kepala SKK Migas Subangut Riki Rahmat Firdau, penjabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Kemudian Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bathin Solapan Wahyudin, Camat Pinggir Azhar, Camat Talang Muandau Basrizal, Ketua TP-PKK Kecamatan Mandau Dewi Asdinar, Seklur Pematang Pudu Wildan Taufik dan Lurah se-Kecamatan Mandau. (**)


×
Berita Terbaru Update