Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Pelaku UMKM Bisa Dapat Bantuan Modal, Begini Carannya?

Rabu, Juli 28, 2021 | 14.54 WIB Last Updated 2021-07-30T09:32:42Z

Illustrasi, Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Kota Cimahi

NYARINK.COM - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau pemilik bisnis lainnya yang memerlukan tambahan dana modal dan investasi dapat mengajukan pinjaman kredit usaha ke pihak bank.


Salah satu bank yang menawarkan pinjaman dana adalah Bank BRI dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bebas agunan dan memberikan pinjaman hingga Rp 100 juta.


Mengutip dari laman web resmi KUR BRI, debitur yang mengajukan KUR Bank BRI juga dibebaskan dari biaya administrasi dan provisi, serta menawarkan suku bunga yang ringan yakni 6 persen dengan pilihan jangka waktu fleksibel antara 12, 18 dan 24 bulan.


Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman modal Rp 100 juta ini, debitur harus berupa individu (perorangan), memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya, dan/atau penyedia jasa ride hailing (Gojek atau Grab), tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.


Adapun persyaratan administrasi yang perlu disiapkan debitur antara lain identitas berupa KTP, Kartu Keluarga KK, dan surat ijin usaha. Surat ini dapat juga berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing.


Untuk mengajukan permohonan, debitur dapat mengunjungi laman web kur.bri.co.id. Pilih "Ajukan Pinjaman", lalu login menggunakan email dan password jika sudah memiliki akun. Jika belum memiliki akun, pemohon bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memilih "Daftar".


Pemohon kemudian menyetujui pernyataan yang diberikan BRI dengan mengklik “Setuju”. Selanjutnya, isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online, di antaranya Profil Anda, Profil Usaha, Unggah Dokumen, dan Data Pengajuan.


Jika sudah berhasil melakukan pendaftaran dan mengajukan pinjaman, lakukan pengecekan status pengajuan dengan cara login ke https://pinjaman.bri.co.id/pengajuan/form/tracking, kemudian masukan Nomor Referensi. Setelah itu, status pengajuan pun dapat diketahui.


Lebih lanjut, ada tiga jenis KUR yang ditawarkan Bank BRI, pertama ada KUR Mikro Bank BRI yakni kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafond sampai Rp 25 juta per debitur.


Kedua, KUR Kecil Bank BRI yang merupakan kredit modal kerja dan atau investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur.


Ketiga, ada KUR TKI Bank BRI yang diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond sampai Rp 25 juta. (lnk21)


×
Berita Terbaru Update