Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Menpora Resmi Umumkan Kompetisi Liga 1 Mundur Sepekan Dari Jadwal

Selasa, Agustus 10, 2021 | 13.02 WIB Last Updated 2021-08-10T06:12:39Z

Ketum PSSI M Iriawan (kiri) bersama Menpora Zainudin Amali (kanan) sosialisasikan secara virtual kompetisi Liga 1 (foto, jawapos)

NYARINK.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi mengumumkan kompetisi Liga 1 bergulir mundur sepekan dari jadwal yang ditentukan.


Awalnya dijadwalkan pada 20 Agustus, sekarang bergeser menjadi 27 Agustus.


Penetapan tanggal tersebut sesuai hasil rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya. Antara lain PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri, dan BNPB alias Satgas Penanganan Covid-19.


“Setelah diskusi itu disepakati dimulainya Liga 1 pada 27 Agustus dan Liga 2, dua pekan setelahnya. Keputusan ini setelah melihat penurunan yang signifikan dan pemberlakuan PPKM mikro atau yang sekarang dengan level tertentu,” kata Amali dalam konferensi virtual.


Menurut Menpora, tidak ada yang keberatan dengan kesepakatan tersebut. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait seperti PSSI.


“PSSI tidak keberatan dengan apa yang kita putuskan itu. Sehingga secara teknis mereka akan segera mempersiapkan,” tambah Amali.


Terkait dengan lokasi, Amali mengatakan PSSI dan PT LIB akan menentukan dan memilih tempat yang aman. Yakni tempat dengan penyebaran Covid-19 di level yang rendah.


Menpora, PSSI, LIB, BNPB, dan Polri sepakat Liga 1 diputar di wilayah berstatus Covid-19 dua ke bawah.


Level dua berarti kasus Covid-19 di daerah tersebut 20-50 orang per 100 ribu penduduk setiap pekan, kondisi rawat inap 5-10 orang per 100 ribu penduduk per pekan, dan angka kematian kurang dari dua orang per 100 ribu penduduk.


“Yang penting untuk satu kepastian kepada klub dan pemain sudah ada tanggal. Makanya saya umumkan resmi atas persetujuan pihak-pihak terkait yaitu tanggal 27 Agustus. Soal teknisnya ini sangat ketat dan disiplin melebihi dari yang sebelumnya,” ujar Amali.


Menurut Menpora, penyelanggaraan Liga 1 akan berlangsung merujuk pada pengalaman sebelumnya. Yakni ketika menyelenggarakan turnamen pramusim Piala Menpora.


“Kita sudah ada pengalaman ketika Piala Menpora. Dan kita akan gunakan sistem gelembung dan akan ada sanksi jika ada yang melanggar,” ujarnya. (red)


×
Berita Terbaru Update