Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Aktivitas Terhambat, Roda Ekonomipun tersendat! Warga Berharap, Pemda Peka Perbaikan Jalan.

Kamis, September 02, 2021 | 22.59 WIB Last Updated 2021-09-03T00:45:43Z

 

Nampak jalan berlumbang timbulkan genangan Air bercampur Lumpur
 

NYARINK.com, KBB -- Kondisi ruas jalan penghubung Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Bandung kini rusak parah. Sejumlah warga Desa Karyamukti, Nanggerangi, Mukapayung dan Buni Negara minta Pemkab segera untuk memperbaikinya. 


Kondisi jalan berlumpur, bilamana hujan turun, akibatnya kondisi jalan semakin rusak. Dengan begitu, kondisi jalananpun berubah seperti kubangan lumpur yang memanjang.


Saat ini warga tidak berani melintas dengan mengunakan sepeda motor, sebab jika dipaksa akibatnya akan menimbukan kerusakan pada kendaraan. 


Kepala Desa Karyamukti Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat, Nanang Supriatna mengungkapkan, akses jalan yang memiliki panjang kurang lebih 3100 M dengan lebar 3 M, saat ini dikeluhkan warga. Parahnya, keadaan seperti ini sudah bertahun- tahun. 


"Warga masyarakat terus menunggu perbaikan dari Pemkab, tapi sampai sekarang belum ada kepastian," ujar Nanang.


Ia mengaku, bukan kewajibannya untuk melakukan perbaikan ini. Penanggulangan seperti ini tidak bisa dibiayai oleh dana desa (DD), karena jalan tersebut adalah jalan Kabupaten. 


"Anggaran DD lebih memprioritaskan pembangunan atau perbaikan jalan lingkungan,”ungkap Nanang, (1/9/21).


Sementara Kepala Desa Nanggerang, Rahmat juga menambahkan, jika kerusakan jalan itu sudah sangat menyulitkan aktivitas transportasi masyarakat sehingga mengancam lumpuhnya roda perekonomian.


Apalagi, katanya, jika musim hujan datang. Tidak hanya menyulitkan namun sangat membahayakan bagi pengendara. Dan jalan ini seperti sungai kering kalau musim kemarau.


" Ini tentunya sudah sangat mengganggu umtuk pengguna jalan. Otomatis keselamatan warga juga menjadi terancam." tandasnya.


Rahmat berharap, Pemerintah Daerah segera memperbaiki jalan yang saat ini dibutuhkan oleh masyarkat, lantaran masyarakat membutuhkan sarana penunjang supaya pertumbuhan ekonomi bisa berjalan. (Ink 21)



×
Berita Terbaru Update