• Senin, 6 Desember 2021

Asesmen Nasional langkah Kemendikbudristek Dongkrak Capaian Mutu Pendidikan

- Senin, 8 November 2021 | 12:25 WIB
Dadang A Sapardan Kepala bidang Pembinaan SD Kabupaten Bandung Barat
Dadang A Sapardan Kepala bidang Pembinaan SD Kabupaten Bandung Barat



Nyarink.com - Melalui kewenangan yang dimilikinya, Kemendikbudristek melahirkan berbagai kebijakan strategis dalam pengelolaan pendidikan di negeri ini. Salah satu kebijakan yang menjadi bagian dari merdeka belajar adalah pelaksanaan Asesmen Nasional (AN). Kebijakan ini merupakan strategi yang diterapkan oleh Kemendikbudrustek untuk melakukan akselerasi mutu pendidikan pada semua jenjang pendidikan. Sebagai sandaran dari penerapan AN, Kemendikbudristek menerbitkan Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional.

Pada awalnya tidak kurang dari empat konsep yang digulirkan melalui gerbong merdeka belajar oleh Kemenristekdikti. Pertama, mengembalikan kewenangan ujian/penilaian pada sekolah dan guru. Kedua, menghentikan pelaksanaan Ujian Nasional dan menggantinya dengan Asesmen Nasional yang formulasi pelaksanaan berbeda sekali. Ketiga, menyederhanakan RPP agar lebih berfokus pada pembelajaran dan penilaian peserta didik secara holistik. Keempat, menerapkan sistem zonasi pada pelaksanaan PPDB, sehingga lebih luwes dan berkeadilan.

Asesmen Nasional (AN) merupakan langkah kebijakan Kemendikbudristek yang dianggap strategis dengan salah satu targetnya mendongkrak capaian mutu pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Selama ini, capaian mutu pendidikan Indonesia masih belum memuaskan para pemangku kebijakan. Berbagai kebijakan yang diterapkan belum dapat menghasilkan capaian mutu sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Sedikit Berbagi Ilmu Pengalaman Nih Buat Seller Baru

Salah satu indikator yang menggambarkan belum tingginya capaian mutu pendidikan dilihat pada posisi Indonesia dalam capaian score Programme for International Student Assessment (PISA)PISA yang adalah program Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang merupaka langkah untuk mengukur kemampuan peserta didik pada jenjang pendidikan menengah. Selama ini, capaian score PISA merupakan indikator yang merefleksikan keberhasilan pengelolaan pendidikan dan menjadi rujukan sebagian besar negara tentang penerapan konsep pendidikan yang diterapkannya masing-masing. Pengukuran PISA dilakukan sebagai evaluasi terhadap kinerja peserta didik pada jenjang pendidikan menengah, terutama terhadap tiga bidang utama, yaitu matematika, sains, dan literasi.

Muatan Capaian Mutu

Melalui pelaksanaan AN, berbagai pemangku kepentingan diharapkan memiliki base line, memiliki peta mutu yang menggambarkan kondisi otentik pendidikan. Dengan berbekal peta mutu tersebut, pemangku kepentingan pada satuan pendidikan dapat memiliki dasar penetapan kebijakan lanjutan untuk melakukan upaya peningkatan mutu. Langkah tersebut tentunya harus didukung pula oleh para pemangku kepentingan lainnya—pemerintah daerah dan kementerian—guna melakukan intervensi terhadap berbagai elemen yang dipandang masih memiliki kelemahan.

Pendidikan bermutu dimaknai bahwa proses pendidikan harus mampu meningkatkan hasil belajar setiap peserta didik dalam bentuk ketercapaian kompetensi kognitif maupun non-kognitif. Dengan demikian, setiap peserta didik memiliki kesiapan kepemilikan kompetensi yang dapat dijadikan modal dasar mereka dalam bersaing dalam kehidupan global. Kepemilikan kompetensi ini harus mengarah pada tampilan perilaku yang didasari oleh prinsip-prinsip positif. Dalam konteks ke-Indonesia-an, hasil belajar yang menjadi tujuan utama pelaksanaan pembelajaran ini dirumuskan dalam konsep profil pelajar Pancasila.

Baca Juga: Kenali Ranitidine Obat Yang di Tarik BPOM

Halaman:

Editor: ink1

Sumber: Dadang A Sapardan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Akan Lebih Puas dan Patuh Kepada Sosok Ayah

Sabtu, 27 November 2021 | 19:17 WIB

VUCA World Dalam Perspektif Manajemen Ekosistem

Jumat, 26 November 2021 | 13:13 WIB

Perasaan Flow Penting, Nikmati dan Hadapi Tantangan

Selasa, 23 November 2021 | 18:41 WIB

Ada-ada Saja Kisah Lika Liku Pasangan Suami Istri Ini

Minggu, 21 November 2021 | 21:08 WIB

Ketahui Diferensiasi Sosial dan Bentuk-Bentuknya

Selasa, 16 November 2021 | 20:21 WIB

Demokrasi Terbagi ke Dalam 8 Macam

Senin, 15 November 2021 | 11:55 WIB

Konsep IKIGAI, Agar Kerja Bikin Happy

Senin, 15 November 2021 | 10:38 WIB

UntukMu Ibu

Sabtu, 13 November 2021 | 23:50 WIB

Ideologi Tidak Lepas Dari Suatu Unsur Kehidupan

Sabtu, 13 November 2021 | 15:58 WIB

UAS: Nasihat Yang Sangat Getarkan Hati

Jumat, 12 November 2021 | 09:02 WIB

Jangan Menyerah Hadapilah? Berserah Diri Dengan Ikhlas

Selasa, 9 November 2021 | 22:59 WIB
X