• Sabtu, 4 Desember 2021

Ideologi Tidak Lepas Dari Suatu Unsur Kehidupan

- Sabtu, 13 November 2021 | 15:58 WIB
Menentukan Ideologi Politik yang digunakan untuk menciptakann kekuatan-kekuatan politik dalam suatu kekuasaan. Sumber Photo : Pixabay.com
Menentukan Ideologi Politik yang digunakan untuk menciptakann kekuatan-kekuatan politik dalam suatu kekuasaan. Sumber Photo : Pixabay.com

Nyarink.com - Ideologi tidak lepas dari suatu unsur kehidupan dalam berbangsa dan bernegara, dunia pun tidak terlepas dari unsur ideologi yang beragam dipertahankan pada wilayah nya masing-masing.

Sejarah melahirkan banyak gebrakan ideologi terutama dalam tujuan revolusi, Upaya - upaya penghilangan ketidakseimbangan menjadi dasar pemaksaan suatu ideologi untuk dijalankan,

Pada dasarnya ideologi adalah sebuah ide atau gagasan dasar dan jika berbicara ideologi politik yang dimana dalam ilmu sosial, ideologi politik adalah sebuah himpunan ide dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seharusnya masyarakat bekerja, dan menawarkan ringkasan order masyarakat tertentu. Ideologi politik biasanya mengenai dirinya dengan bagaimana mengatur kekuasaan dan bagaimana seharusnya dilaksanakan.

Dari sekian banyak ideologi yang ada, kemudian lahirnya suatu hegemoni ideologi tertentu yang digunakan sebagai ideologi politik untuk memengaruhi kekuatan-kekuatan politik dalam sistem kekuasaan yang ada. Polarisasi politik tercipta dari suatu gambaran kekuatan yang Sah dalam arti kekuasaan mutlak yang berkuasa, tidak terlepas dari hal nya kekuatan sah pasti akan ada suatu kekuatan yang menjadi oposisi untuk penyeimbang hegemoni ideologi politik. Suatu sistem kekuasaan yang menggunakan ideologi politik tertentu kadang menciptakan suatu polarisasi politik yang menghimpun kekuatan-kekuatan politik tersendiri.

Dengan mengambil gambaran dari tiga ideologi dunia yang tidak asing seperti Komunis, Sosialis dan Kapitalis yang sering menjadi suatu gagasan kekuasaan. Sistem dari suatu perkumpulan membentuk kekuasaan yang mutlak atau sah dengan cara mendominasikan dasar ideologi melahirkan polarisasi yang menentukan arah masing-masing kekuatan untuk berkuasa.

Masing-masing ideologi digunakan untuk mempertahankan dan memperebutkan suatu kepentingan. Mengumpulkan kuantitas untuk kepentingan kekuatan kelompok, menghimpun kuantitas untuk menciptakan kualitas, mengorelasikan kuantitas dan kuliatas untuk memplotkan satu kekuatan politik.

Pendominasian ideologi secara merata membawa satu paham fanatisme untuk melakukan suatu Tindakan dengan kepentingan tertentu.

Dominasi kekuasaan dalam kepemimpinan menghadirkan kontestasi antar kelompok, Pemahaman - pemahaman suatu penguasa ditekankan kepada yang dikuasai kemudian terjadi satu situasi politik yang menguntungkan untuk suatu kekuasaan yang mendominasi. Kelompok oposisi melawan ideologi politik penguasa dengan dorongan revolusi sedangkan kelompok penguasa mempertahankan kemutlakan nya dengan dorongan rekontruksi polarisasi kelompok-kelompok oposisi.

Ketika satu pemerintahan yang sah melakukan kepemimpinan dengan ideologi politik yang berseberangan dengan kelompok-kelompok revolusioner maka kekuatan-kekuatan politik menjadi kolerasi antara yang berkuasa dengan yang dikuasai. Polarisasi yang tercipta antara lawan dengan kawan akan menentukan alur dari strategi politik untuk menyesuaikan ideologi politik dengan kekuasaan yang dipertahankan.

Halaman:

Editor: BonoDaren20

Sumber: Retizen Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Akan Lebih Puas dan Patuh Kepada Sosok Ayah

Sabtu, 27 November 2021 | 19:17 WIB

VUCA World Dalam Perspektif Manajemen Ekosistem

Jumat, 26 November 2021 | 13:13 WIB

Perasaan Flow Penting, Nikmati dan Hadapi Tantangan

Selasa, 23 November 2021 | 18:41 WIB

Ada-ada Saja Kisah Lika Liku Pasangan Suami Istri Ini

Minggu, 21 November 2021 | 21:08 WIB

Ketahui Diferensiasi Sosial dan Bentuk-Bentuknya

Selasa, 16 November 2021 | 20:21 WIB

Demokrasi Terbagi ke Dalam 8 Macam

Senin, 15 November 2021 | 11:55 WIB

Konsep IKIGAI, Agar Kerja Bikin Happy

Senin, 15 November 2021 | 10:38 WIB

UntukMu Ibu

Sabtu, 13 November 2021 | 23:50 WIB

Ideologi Tidak Lepas Dari Suatu Unsur Kehidupan

Sabtu, 13 November 2021 | 15:58 WIB

UAS: Nasihat Yang Sangat Getarkan Hati

Jumat, 12 November 2021 | 09:02 WIB

Jangan Menyerah Hadapilah? Berserah Diri Dengan Ikhlas

Selasa, 9 November 2021 | 22:59 WIB
X