• Senin, 4 Juli 2022

Berikut Negara Yang Paling Banyak Dihuni Keturunan Nabi Muhammad SAW

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:15 WIB
Habib Keturunan Nabi Muhammad yang tinggal di Indonesia
Habib Keturunan Nabi Muhammad yang tinggal di Indonesia

Nyarink.com - KETURUNAN Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam disebut dengan Dzurriyatun Nabi (Zuriyah Rasul). Banyak orang mengatakan keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam banyak terdapat di Yaman, sebuah negara di Jazirah Arab yang berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang Arab dan Dzurriyah Nabi, termasuk di Indonesia, sebagian besar berasal dari negara ini.

Benarkah Yaman adalah negara yang paling banyak dihuni keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam?

Yaman dikenal sebagai kampungnya Dzuriyyah Nabi karena di negara ini anak cucu keturunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam paling banyak bermukim dan mengemban misi dakwah. Dzurriyah Nabi atau dikenal dengan istilah Habib ini melekat pada Hadhramaut, sebuah wilayah di Yaman Selatan.

Baca Juga: Sat Reskrim Polresta Deli Serdang Berhasil Menangkap Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur

Menurut Habib Zein bin Umar, orang-orang Hadhramaut Yaman dari golongan Sayyid datang ke Nusantara lewat Muhammad al Faqih Muqaddam bin Muhammad Shahib Mirbath. Merunut silsilah dan sejarah keluarga, keturunan Nabi yang pindah ke Hadhramaut dari Basrah ialah Ahmad al Muhajir (generasi ke-8 dari keturunan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra).

Di Indonesia, anak cucu keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini biasa dijuluki Habib (Habaib untuk jamak), Syed atau Sayyid. Sedangkan untuk perempuan biasanya dipanggil Syarifah atau Sayyidah.

Diketahui bahwa Habib dalam bahasa Arab bermakna orang yang dicintai. Julukan ini cukup populer di kalangan orang Indonesia dan Malaysia sebagai sebutan untuk keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam melalui nasab dari Sayyidah Fathimah az-Zahra (putri Nabi Muhammad) dan suaminya Ali bin Abi Thalib.

Baca Juga: Dapat Kunci Rumah Dari Kapolres Inhu, Ica Kusmoyo Sujud Syukur

Para Habaib yang menetap di Indonesia dan keturunananya menjadi warga negara Indonesia (WNI) mayoritas adalah keturunan Sayyidina Hussein bin Ali. Menurut lembaga pencatat nasab dan silsilah para Habib di Indonesia, Ar-Rabithah Alawiyah, ada sekira 20 juta orang di seluruh dunia yang menyandang gelar Habib dari 114 marga.

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fenomena Langka Alam Semesta

Kamis, 23 Juni 2022 | 08:51 WIB

Bahasa Sunda Salah Satu Bahasa Tertua di Dunia

Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:58 WIB

Masih Ngiler, Anda Harus Baca Hal Berikut ini

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:31 WIB

Sejumlah Pertanyaan Kecantikan Yang Banyak di Cari

Senin, 17 Januari 2022 | 20:39 WIB

Ketika Rejekimu Habis Maka Ajal Pun Tiba

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:16 WIB

Sebelum Bepergian, Bacalah Doa Shahih Berikut

Selasa, 4 Januari 2022 | 15:42 WIB
X