• Senin, 6 Desember 2021

Masih Banyak Kyai Yang Belum Tahu Perpres No 82 dan Perda Pesantren

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:57 WIB

  Cimahi, Nyarink.com - Sejak Peraturan Presiden No 82 tahun 2021 disahkan, Pemprov Jawa Barat sering melakukan sosialisasi peraturan yang didalamnya mengatur tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesentren.

Seperti yang dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kelurahan Cibeber, Kota Cimahi. Kamis (21/10/21).

Menurut Uu, selama ini masih banyak para Kyai yang belum mengetahui dan paham isi serta maksud peraturan ini. Untuk itu, Pemprov perlu menyosialisasikan peraturan ini.

"Sampai saat ini, masih banyak para Kyai yang belum mengetahui isi Undang-undang pesantren, untuk apa, dan apa itu Perda Pesantren," ungkap Uu, usai memberikan bantuan untuk masjid.

Baca Juga: Seller Yang Baru Berjualan Jangan Skip Dulu

Selain itu, kebanyakan Kyai juga belum mengetahui manfaat Perda Pesantren yang telah disahkan di Jawa Barat. Padahal, Perda Pesantren akan memberi tiga keuntungan kepada Pesantren yang berada di wilayah Jabar.

Diantaranya, keuntungan yang pertama pondok pesantren berhak menerima anggaran dari pemerintah, berarti pesantren harus dapat porsi anggaran seperti halnya porsi-porsi lain dalam APBD.

Yang berikutnya, Pesantren juga berhak mendapatkan pembinaan dari berbagai bidang dari pemerintah.

"Pesantren nantinya, berhak mendapat pembinaan dari pihak pemerintah. Baik pembinaan dalam bidang kesehatan, lingkungan serta pembinaan bidang lainnya." sebut Uu.

Namun khusus untuk pembinaan di bidang pendidikan, Uu sebut hal itu disesuaikan dengan kebijakan masing-masing pesantren karena setiap pesantren memiliki kurikulum masing-masing.

Halaman:

Editor: BonoDaren20

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan UED Kepada KUBE

Selasa, 30 November 2021 | 18:49 WIB

Wabub Buka Forum Anak Kabupaten Bengkalis

Senin, 29 November 2021 | 14:49 WIB

Dalam Perannya Karang Taruna Kota Cimahi Harus Piawai

Sabtu, 27 November 2021 | 19:28 WIB
X