• Senin, 6 Desember 2021

Pencemaran Polusi di Cimahi Masih di Bawah Ambang Batas

- Selasa, 16 November 2021 | 20:05 WIB
Tampak petugas tengah melakukan uji emisi kepada salah satu kendaraan yang tengah melintas di jalan Gedung Empat Kota Cimahi
Tampak petugas tengah melakukan uji emisi kepada salah satu kendaraan yang tengah melintas di jalan Gedung Empat Kota Cimahi

Cimahi, Nyarink.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi melakukan uji emisi kendaraan roda empat di Jalan Gedung Empat, Kota Cimahi, pada Selasa (16/11/21).

Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk mengetahui kadar emisi gas buang pada setiap kendaraan. Terlihat setiap kendaraan roda empat yang melintas, baik mobil angkutan barang maupun kendaraan pribadi dihentikan petugas.

Setelah itu, petugas memeriksa STNK untuk mengetahui usia kendaraan  selanjutnya petugas menguji emisi menggunakan alat opacity smoke meter yang dimasukan kedalam knalpot kendaraan dalam kondisi menyala.

Baca Juga: Aksi Duel Perkelahian di Tasikmalaya Sampai Berdarah-darah

Kepala seksi Penataan Hukum Lingkungan Hidup DLH Kota Cimahi, Lucky S M mengatakan selain untuk menghitung indek polusi yang di buang oleh setiap kendaraan, uji emisi juga bisa untuk mengetahui sebarapa jauh para pemilik kendaraan melakukan perawatan kendaraannya.

"Kegiatan rutin ini, merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh DLH Kota Cimahi untuk mengetahui indek polusi. Salah satu, dengan memeriksaan setiap kendaraan untuk di uji emisinya," Ujar Lucky, saat ditemui dilokasi pengujian. Selasa (16/11/21).

Dari sejumlah kendaraan yang diuji, menurutnya, sudah bisa dihitung seberapa jauh tingkat pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan.

Baca Juga: Kapten Persib Victor Igbonefo di Pastikan Tidak Bakal Tampil Menghadapi Persija

Lucky menyebut, selain uji emisi juga ada cara lain untuk mengetahui tingkat  pencemaran polusi, yakni dengan Roadside Monitoring. Cara ini diujinya di laboraturium dan Pasif Sampler biasanya dilakukan dengan menyimpan suatu alat di tempat-tempat tertentu yang bisa mewakili menghitung indek polusi seperti di pertokoan, perkantoran, pemukiman, dan daerah industri.

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan UED Kepada KUBE

Selasa, 30 November 2021 | 18:49 WIB

Wabub Buka Forum Anak Kabupaten Bengkalis

Senin, 29 November 2021 | 14:49 WIB

Dalam Perannya Karang Taruna Kota Cimahi Harus Piawai

Sabtu, 27 November 2021 | 19:28 WIB
X