• Sabtu, 4 Desember 2021

Aplikasi Sidakeptri Cara Mudah Akses Informasi Loker

- Selasa, 16 November 2021 | 22:19 WIB
Foto bersama Plt Wali Kota Cimahi usai membuka kegiatan sosialisasi launching Sidakeptri di Gedung Technopark dengan masyarakat dari berbagai unsur
Foto bersama Plt Wali Kota Cimahi usai membuka kegiatan sosialisasi launching Sidakeptri di Gedung Technopark dengan masyarakat dari berbagai unsur

Cimahi, Nyarink.com - Sebagai bentuk upaya mengurangi lonjakan pengangguran, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Tenaga kerja (Disnaker) melakukan terobosan dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakeptri).

Aplikasi ini sebenarnya penyempurnaan atau intregasi dari situs Sistem Link and Match (SILIMA). Tujuan di launchingkannya aplikasi ini,  masyarakat agar makin banyak mengetahui informasi terkait lowongan pekerjaan maupun pelatihan ketenagakerjaan.

Menurut Kepala Dinas Disnaker Kota Cimahi, Yanuar Taufik, Sosialisasi yang baru ke 13 kelurahan ini, baru dari Silima ditranspormasikan ke alplikasi Sidakep. Harapannya, tahun depan sudah bisa lebih disempurnakan lagi ke Sidakeptri. Diketahui, aplikasi ini sudah teritegrasi ke aplikasi lain seperti Jabar Jawara Jawa Barat dan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Fase SmartPayment Menjadi Sorotan

"Dengan aplikasi ini, Kami mengharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses baik itu lowongan pekerjaan maupun pelatihan-pelatihan yang mereka minati sekaligus sesuai dengan kopentesinya," ujar Yanuar, usai melakukan sosialisasi peluncuran aplikasi Sidakeptri di Gedung Technopark Kota Cimahi. Selasa (16/11/21).

Sementara, Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana yang membuka secara resmi kegiatan sosialisasi mengungkapkan bahwa di era globalisasi ini masyarakat dituntut untuk meningkatan kualitas tenaga kerja di berbagai level agar mampu  berdaya saing.

“Dengan ini nantinya, masyarakat pencari kerja Kota Cimahi harus mampu bersaing dengan tenaga kerja luar yang sudah siap dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri yang sudah tersertifikasi,” harap Ngatiyana.

Baca Juga: Peresmian Daerah Steling Baru Armed Astros II MK-6 di PUSLATPUR TNI AD

Untuk mewujudkan itu semua,
Pemkot Cimahi telah menyelenggarakan berbagai pelatihan yang bersertifikasi. Selain itu, dinas tenaga kerja juga telah melakukan kegiatan-kegiatan khusus diantaranya pendataan angkatan kerja, pelatihan-pelatihan, peningkatan produktivitas, pemagangan dan penyaluran tenaga kerja.

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan UED Kepada KUBE

Selasa, 30 November 2021 | 18:49 WIB

Wabub Buka Forum Anak Kabupaten Bengkalis

Senin, 29 November 2021 | 14:49 WIB

Dalam Perannya Karang Taruna Kota Cimahi Harus Piawai

Sabtu, 27 November 2021 | 19:28 WIB
X