• Kamis, 19 Mei 2022

Terindikasi Mengidap HIV / AIDS Puluhan Warga Kota Cimahi, Akibat Perilaku Seks Menyimpang

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:13 WIB
Pahami penjabaran dari penyakit HIV/AIDS
Pahami penjabaran dari penyakit HIV/AIDS

Nyarink.com - Sebenarnya, belum ada pengobatan efektif untuk menyingkirkan HIV. Dengan kata lain, seseorang yang terinfeksi penyakit HIV/AIDS akan terus menderita penyakit ini selama hidupnya. Akan tetapi, dengan mengonsumsi obat HIV yang disebut terapi antiretroviral (ART), seorang penderita HIV dapat bertahan hidup lebih lama dan sehat. Obat ini juga mencegah penularan HIV terhadap orang lain.

Akibat adanya perilaku seks menyimpang yang marak di Cimahi, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan hubungan seks bebas di luar nikah karena rawan terhadap penularan penyakit. Data dari Dinas Kesehatan menunjukan puluhan warga Cimahi terinfeksi HIV/AIDS akibat perilaku seks menyimpang.

Data yang terifeksi HIV/AIDS melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengatakan "Untuk tahun ini sampai bulan Juni tercatat ada 20 orang warga Kota Cimahi yang terinfeksi HIV/AIDS. Penyebabnya didominasi oleh hubungan seks bebas, bergonta ganti pasangan, dan seks sesama jenis," kata Pemegang Program HIV-AIDS dan IMS, Dinkes, Kota Cimahi, Mulyono, Kamis (1/12/2021).

Baca Juga: BPN Cimahi Gelar Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan

Di Kota Cimahi total kasus yang terdata secara keseluruhan sejak tahun 2005 mencapai 542 orang. Dari total penderita itu, ada 58 orang yang meninggal dunia. Pada momen Hari AIDs sedunia yang jatuh pada 1 Desember, Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan seks bebas.

"Apalagi dilakukan Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL) atau wanita dengan wanita. Kebiasaan itu bisa berakibat fatal terhadap kesehatan, seperti terjangkit HIV/AIDS atau ODHA, yang bisa berakibat meninggal dunia," ujarnya.

Editor: Wira Dirgantara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rapat Paripurna DPRD Meranti Terkait LKPJ

Kamis, 12 Mei 2022 | 11:55 WIB
X