• Rabu, 26 Januari 2022

Iim Rohiman: Atas Bantuan Semua Pihak Kami Bersyukur Sudah Bisa Menyelesaikan 343 Sertifikat Tanah

- Kamis, 30 Desember 2021 | 14:24 WIB
Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Sumedang saat penyerahan sebanyak 343 sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021 di Kantor Balai Desa Karang Pakuan Kecamatan Darmaraja
Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Sumedang saat penyerahan sebanyak 343 sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021 di Kantor Balai Desa Karang Pakuan Kecamatan Darmaraja

Nyarink.com - Kepemilikan sertifikat merupakan bentuk kepastian hukum atas kepemilikan tanah bagi pemiliknya. Dengan adanya pengesahan kepemilikan tanah melalui penerbitan sertifikat, masyarakat akan merasa tenang lantaran secara administratif pemilik tanah mempunyai bukti yang sah atas tanahnya.

“Kepemilikan sertfikat tanah menjadi bentuk kepastian hukum atas kepemilikan tanah oleh masyarakat,” papar Iim Rohiman, Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Sumedang saat penyerahan sebanyak 343 sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021 di Kantor Balai Desa Karang Pakuan Kecamatan Darmaraja, Rabu (29/12/21).

Sertfikat tanah diserahkan langsung oleh Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Sumedang kepada masyarakat pemiliki tanah yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Selama ini, mereka tidak terpikir untuk melakukan penyertifikatan tanah yang mereka miliki karena untuk mengurusnya membutuhkan biaya yang sulit terjangkau oleh mereka. 

Baca Juga: Sejarah, Profil Istri Sunan Gunung Jati Rara Tepasan

Namun, melalui program PTSL dari Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Sumedang, mereka sangat terbantu dalam penerbitan sertfikat karena untuk penerbitannya diperlakukan khusus.

“Program PTSL sangat membantu kami dalam upaya kepemilikan sertifikat tanah,” ungkap Iim Rohiman saat dimintai tanggapan terkait dengan penyerahan sertfikat.

Saat ditanyai terkait penyerahan sertifikat tersebut, Iim Rohiman mengungkapkan rasa syukurnya karena pada tahun anggaran 2021, pihaknya sudah dapat menyelesaikan sertfikat sebanyak 343 untuk masyarakat Desa Karangpakuan. Sertfikat yang diserahterimakan kepada masyarakat merupakan refleksi dari dukungan penuh Pemkab Sumedang terhadap kelancaran pelaksanaan program PTSL yang menjadi program pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga: Sayur - Sayuran Sering Saja Dimakan Tapi Tidak Tau Manfaatnya, Ini Dia Penjelasannya?

Selain itu, lanjutnya, keberhasilan penerbitan sertfikat tersebut tidak terlepas dari kerja keras Kepala Desa Karangpakuan beserta jajarannya dalam membantu Kantor ATR/BPN Kab. Sumedang. Tentunya, keterlaksanaan penerbitan sertfikat tersebut didasari adanya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang arti pentingnya sertfikat sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah baik untuk saat ini, maupun di kemudian hari.

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Omicron di Jabar Merangkak Naik

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:51 WIB

Wabup Meranti Resmikan Even Lomba Sampan layar

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:32 WIB

Lurah Utama Ingin Setiap Usulan Berbasis Permasalahan

Jumat, 21 Januari 2022 | 04:05 WIB

Usulan Pembangunan Sekolah di Padasuka Jadi Sorotan

Jumat, 21 Januari 2022 | 02:06 WIB

Kepala Desa Pasanggrahan Tanggapi Pertanyaan Warga

Kamis, 20 Januari 2022 | 00:22 WIB

Antusias Warga Datang Ke FGD Cipageran Tinggi

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:27 WIB

Besar Harapan, Hasil FGD Setiamanah Sesuai Kebutuhan

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:52 WIB
X