• Senin, 4 Juli 2022

Batas Wilayah Bukan Jadi Masalah, Kolam Retensi Pasirkaliki Buktinya

- Kamis, 17 Februari 2022 | 10:30 WIB
Kolam Retensi Pasirkaliki yang baru diresmikan
Kolam Retensi Pasirkaliki yang baru diresmikan

CIMAHI, nyarink.com - Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan Kolam Retensi Pasirkaliki yang berlokasi di Jalan Budi Kota Cimahi. Kolaborasi antara Pemkot Cimahi dan Pemkot Bandung itu dimaksudkan dalam upaya mengatasi banjir di kedua wilayah tersebut, siang ini Rabu, 16/02/2022.

Menurut PLt Wali Kota Cimahi Ngatiyana bahwa pembangunan kolam retensi Pasirkaliki ini, sebelumnya telah dilakukan studi kelayakannya sejak tahun 2014 yang lalu. Setelah itu kemudian melakukan pembebasan lahan pada tahun 2019 dan 2020 seluas 9.190 meter persegi dengan biaya Rp. 33 milliar.

Baca Juga: Kisah Sukses Crazy Rich Tanjung Priok

Adapun perencanaan detailnya telah dilakukan oleh BBWS Citarum pada tahun 2020. Pemerintah kota Cimahi telah mengajukan usulan pembangunannya kepada BBWS Citarum dan baru masuk rencana kerja BBWS di tahun 2023, karena pembangunan konstruksinya masih harus menunggu dua tahun lagi maka atas dasar kebutuhan penanganan dan penanggulangan bencana yang segera perlu dilakukan percepatan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada, baik di Kota Cimahi maupun di kota bandung.

Meski sifatnya hanya sementara, Ngatiyana berharap mudah-mudahan pembangunan kolam retensi secara alamiah ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Cimahi dan kota Bandung.

Baca Juga: Wabup Asmar lantik pengurus Dekranasda Meranti

"Kolam retensi Pasirkaliki ini mampu mengurangi genangan air sekitar 28.000 meter kubik yang akan mengurangi dampak banjir di daerah perbatasan Kota Cimahi dan Kota Bandung yaitu Cimindi, Cilember, dan Cigugur."

Sementara PLT Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa Pemkot Bandung mengucapkan terimakasih dan apresiasi, atas kolaborasi dan kerjasama yang terjalin baik antara pemerintah Kota Cimahi dan Pemerintah Kota Bandung.

Baca Juga: Polsek Medan Timur Tembak Residivis Curi Motor di Masjid Muttaqin

Halaman:

Editor: Mokhamad Danu Tohir

Sumber: Petualangan, Setkab RI/Kepresidenan, Humas Kab. Banyuwangi, Instagram.com/@donisalmanan, Youtube @Ranisa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Si Bos Bantu Warga Cek Bantuan

Senin, 27 Juni 2022 | 18:52 WIB

Gaya Gubernur Riau Sapa Warga

Senin, 27 Juni 2022 | 08:20 WIB
X