• Jumat, 12 Agustus 2022

Pemkab Bengkalis Minta Wartawan Jaga Hak dan Kode Etik

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:27 WIB
Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri saat menghadiri pelantikan DPD PWMOI
Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri saat menghadiri pelantikan DPD PWMOI

BENGKALIS, Nyarink.com - Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri menghadiri Acara Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (DPD-PWMOI) Kabupaten Bengkalis Masa Bakti Tahun 2022-2025 di Gedung Daerah, Rabu (03/08/2022).

Johan dalam sambutannya mengajak seluruh insan pers yang tergabung di DPD PWMOI, agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI.

"Pers yang bebas dan bertanggung jawab, memegang peranan penting dalam masyarakat demokratis, serta salah satu pilar bagi negara dan pemerintahan yang demokratis, setelah Lembaga Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif," jelas Johan.

Baca Juga: Difasilitasi Diskominfotik, Sekda Meranti Terima Kunjungan Komisi Informasi (KI) Riau

Johan yang juga mantan Kadiskominfotik itu menjelaskan, institusi pers sebagai pilar keempat sudah selayaknya menjaga hak-hak dan kode etik jurnalistik, right to know and right to expression, yang penjagaan itu hanya bisa dilakukan dengan menanamkan sikap profesionalisme dan semangat berdemokrasi sesuai dengan tata aturan yang sudah ditetapkan.

"Dengan dilantiknya DPD PWMOI ini hendaknya dapat mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada rekan-rekannya sehingga mereka memahami tentang aturan UU pers dan kode etik jurnalistik," harap Johan.

Selain itu imbuh Johan, untuk menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong industri disrupsi dan era milenial yang identik dengan sebutan 4.0., mengingat organisasi PWMOI merupakan salah satu sarana penyampai informasi, baik dari Pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini.

Baca Juga: Polres Meranti Gelar Latihan Kompi Kerangka Dalmas Secara Rutin

Sebagai insan pers yang kesehariannnya senantiasa dikejar deadline, dan hampir tanpa ada sisa waktu untuk beristirahat. Tentu semua peranan dan kontribusinya tersebut semata-mata untuk disumbangkan demi keberhasilan pembangunan sosial kemasyarakatan.

Halaman:

Editor: Eni Wiyarti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Bengkalis Hadiri Rapat Paripurna

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:48 WIB

Perkembangan Selama 65 tahun Provinsi Riau

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:58 WIB
X