• Senin, 6 Desember 2021

Kemenag Soroti Maraknya Pencurian Buku Nikah

- Minggu, 7 November 2021 | 19:41 WIB
Illustrasi buku nikah
Illustrasi buku nikah

Nyarink.com - Maraknya pencurian buku nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) mendapat perhatian serius Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Muhammad Adib.

Dalam sebulan terakhir, sedikitnya ada dua provinsi yang mengalami pencurian Buku Nikah. Melihat hal tersebut, Adib sapaan akrab Direktur Bina KUA Kemenag, Kementerian Agama akan mendata nomor perforasi buku nikah yang dicuri.

"Semua itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan buku nikah yang telah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar Adib, dari laman website Kemenag.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Diri

Selain itu, Adib meminta KUA melaporkan jumlah dan nomor perforasi buku nikah yang dicuri kepada Kantor Kepolisian dan Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag

“Laporkan ke polisi, lalu catat berapa buku nikah yang hilang berikut nomor perforasinya kemudian laporkan ke Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam. Setelah kita proses, maka buku nikah yang hilang itu dinyatakan tidak berlaku,” jelas Adib.

Ia menyebut, pencurian pertama ratusan buku nikah terjadi di sejumlah  sejumlah KUA di wilayah Yogyakarta. Kedua, pencurian ribuan buku nikah juga terjadi di Kemenag Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Baca Juga: Akun Twitter @PolrestaBogorKota Viral, Admin Yang Me-like Akun Bokep di Periksa

Diduga, salah satu motif utama pencurian buku nikah adalah untuk diperjual belikan ke penyedia jasa kawin kontrak. Pemalsuan atau pencurian buku nikah selalu terjadi. 

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Aturan PPKM Level 3 Jelang Nataru 2022 Berikut

Senin, 29 November 2021 | 09:43 WIB

MK Nyatakan UU Cipta Kerja Bertentangan Dengan UU 1945

Kamis, 25 November 2021 | 20:10 WIB

Lowongan Kerja Bulan November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 20:01 WIB

Cek Aplikasi Terbaru Bansos Usul Sanggah Kemensos

Kamis, 25 November 2021 | 12:35 WIB
X