• Sabtu, 4 Desember 2021

Apakah Para Tokoh Olahraga sudah layak Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

- Rabu, 10 November 2021 | 12:06 WIB
Bendera Sang Saka Merah Putih. Foto : Nyarink.com
Bendera Sang Saka Merah Putih. Foto : Nyarink.com

Nyarink.com - Menilik UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (GTK). Disebutkan bahwa ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar pahlawan nasional.

Apakah para atlet nasional terutama peraih medali emas di ajang bergengsi atau salah satu tokoh penting di bidang olahraga sudah bisa di anugerahi gelar pahlawan nasional.

Beberapa waktu yang lalu sebelum Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, pemerintah pusat telah menyiapkan beberapa nama yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional. Tercatat ada empat tokoh yang direncanakan memperoleh penghargaan ini.

Baca Juga: Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Bantah Permendikbudristek Legalkan Zina

“Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan keputusan untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 nanti. Empat tokoh tersebut adalah Tombolotutu (Sulawesi Tengah), Sultan Aji Muhammad Idris (Kalimantan Timur), Usmar Ismail (DKI Jakarta), dan Raden Aria Wangsakara (Banten),” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Banyak hal agar bisa dilabeli menjadi seorang Pahlawan nasional, salah satunya adalah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Lalu, tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan, hingga melakukan perjuangan bersenjata untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara Tokoh olahraga memang tidak berada di garis depan dalam pertempuran menjaga kedaulatan bangsa. Namun keringat yang mereka cucurkan selama ini kerap membanggakan Indonesia di pentas dunia. 

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Pantau Pencemaran Kali Rasmi

Seperti salah satu tokoh yang begitu berpengaruh, khususnya dalam bidang olahraga sepak bola, hingga saat ini Soeratin belum mendapat persetujuan dari pemerintah pusat untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Padahal, setiap tahunnya, PSSI selalu mencoba mengajukan nama Soeratin untuk dikaji dan diberikan gelar.

Halaman:

Editor: Wira Dirgantara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Aturan PPKM Level 3 Jelang Nataru 2022 Berikut

Senin, 29 November 2021 | 09:43 WIB

MK Nyatakan UU Cipta Kerja Bertentangan Dengan UU 1945

Kamis, 25 November 2021 | 20:10 WIB

Lowongan Kerja Bulan November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 20:01 WIB

Cek Aplikasi Terbaru Bansos Usul Sanggah Kemensos

Kamis, 25 November 2021 | 12:35 WIB
X