• Senin, 6 Desember 2021

Penghormatan Hari Pahlawan 2021 Presiden Jokowi Tabur Bunga Ziarah Kubur

- Rabu, 10 November 2021 | 13:52 WIB
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara saat melakukan ziarah di makam Pahlawan Kalibata ( Foto : Kepresidenan )
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara saat melakukan ziarah di makam Pahlawan Kalibata ( Foto : Kepresidenan )

Nyarink.com - Presiden juga melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan, antara lain di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tak dikenal.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, pada Rabu, 10 November 2021.

Tiba di TMP Kalibata pukul 07.52 WIB, Presiden disambut oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Komandan Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya yang juga bertindak selaku perwira upacara dalam kesempatan tersebut.

Baca Juga: Apakah Para Tokoh Olahraga sudah layak Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Mar. Danuri. Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga yang diikuti oleh pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selanjutnya, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi oleh sejumlah jajaran terkait melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. Tabur bunga antara lain dilakukan di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tak dikenal.

Baca Juga: Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Bantah Permendikbudristek Legalkan Zina

Dalam unggahannya di media sosial pribadi, Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat Hari Pahlawan disertai gambar Bung Tomo dan tenaga kesehatan yang membawa Sang Merah Putih. Presiden menyebut bahwa ujian zaman tak berkurang, tapi bangsa Indonesia makin kokoh bagaikan karang.

Halaman:

Editor: Wira Dirgantara

Sumber: Humas RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Aturan PPKM Level 3 Jelang Nataru 2022 Berikut

Senin, 29 November 2021 | 09:43 WIB

MK Nyatakan UU Cipta Kerja Bertentangan Dengan UU 1945

Kamis, 25 November 2021 | 20:10 WIB

Lowongan Kerja Bulan November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 20:01 WIB

Cek Aplikasi Terbaru Bansos Usul Sanggah Kemensos

Kamis, 25 November 2021 | 12:35 WIB
X