• Sabtu, 4 Desember 2021

Menko Marves: Siab Berantas Praktik Mafia di Pelabuhan

- Sabtu, 13 November 2021 | 19:03 WIB
Kolase foto Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Deddy Corbuzier. /Tangkap layar YouTube dan Instagram Deddy Corbuzier
Kolase foto Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Deddy Corbuzier. /Tangkap layar YouTube dan Instagram Deddy Corbuzier

Jakarta, Nyarink.com – Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mendukung sepenuhnya upaya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk memberantas praktik mafia di pelabuhan guna mengefisiensikan biaya logistik dan mendongkrak perekonomian nasional.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pernyataan yang disampaikan Menko Luhut tersebut sebagai komitmen dan sikap tegas pemerintah. Sekaligus harus menjadi warning serius terhadap semua stakeholders di pelabuhan.

“Kami sangat mendukung upaya Pemerintah RI untuk itu [pemberantasan mafia pelabuhan],”ujarnya kepada pers pada Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Fitur dan Kebijakan Baru Resmi diluncurkan Aplikasi WhatsApp Messenger

Dia menegaskan untuk mendorong terciptanya layanan logistik yang efisien dan transparan di bandar udara (bandara) maupun di pelabuhan, pelaku logistik termasuk eksportir dan importir, sejak awal ALFI telah mendorong implementasi program atau sistem National Logistic Ecosystem (NLE).

Sistem NLE ini, imbuhnya dinilai mampu memperbaiki manajemen supply chain atau rantai pasokan, sehingga proses logistik sehingga biaya yang dikeluarkan lebih efisien. Meski begitu, penerapannya pun harus bisa diawasi secara penuh agar semua program bisa berjalan sesuai dengan perencanaan, dan diperlukan kolaborasi semua stakeholders.

“NLE sebagai platform besar-nya,sebagai suatu konsep kolaborasi digital yang memungkinkan entitas logistik terhubung dengan pemerintah serta platform logistik lainnya. Selain itu, NLE memperkaya peran Indonesia national single window (INSW). Untuk itu diperlukan kolaborasi semua pihak terkait,” imbuhnya.

Baca Juga: Catat Rekor Muri Jembatan Pramuka Penghubung Dua Provinsi

Dia meyakini dengan kita semua fokus pada implementasi NLE akan terwujud sistem layanan kepelabuhan yang lebih sehat, sehingga tidak ada lagi dugaan yang mengarah pada adanya praktik mafia pelabuhan sebagaimana yang dikemukakan Menko Marvest.

Halaman:

Editor: BonoDaren20

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Aturan PPKM Level 3 Jelang Nataru 2022 Berikut

Senin, 29 November 2021 | 09:43 WIB

MK Nyatakan UU Cipta Kerja Bertentangan Dengan UU 1945

Kamis, 25 November 2021 | 20:10 WIB

Lowongan Kerja Bulan November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 20:01 WIB

Cek Aplikasi Terbaru Bansos Usul Sanggah Kemensos

Kamis, 25 November 2021 | 12:35 WIB

Ahok: Kenapa Mesti Beli Mobil Listrik di Jerman

Rabu, 24 November 2021 | 10:06 WIB
X