• Sabtu, 4 Desember 2021

Cek Aplikasi Terbaru Bansos Usul Sanggah Kemensos

- Kamis, 25 November 2021 | 12:35 WIB
Situasi kegiatan Konsinyering penyempurnaan aplikasi bansos
Situasi kegiatan Konsinyering penyempurnaan aplikasi bansos

Nyarink.com - Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial melaksanakan kegiatan Konsinyering pada tanggal 12-15 Agustus 2021 yang lalu, Penyempurnaan aplikasi usul sanggah ini juga sudah di rilis oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh tim Pusdatin Kesos yang terdiri dari tim pengolah data, tim aplikasi, serta tim penyusun SOP dan pembuat video. Acara dibuka oleh Kapusdatin Kesos, Agus Zainal Arifin dan dihadiri oleh staf khusus Menteri Sosial RI Bapak Don Rozano dan Bapak Suhadi Lili. Dalam arahannya, staf khusus dan kapusdatin menjelaskan bahwa aplikasi ini adalah pengembangan dari website cekbansos.kemsos.go.id yang merupakan salah satu upaya dari Kementerian Sosial dalam rangka inklusivitas dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam transparansi pelaksanaan bantuan sosial. 

Baca Juga: Setiap Tetesan Keringat Akan Menjadi Air Susu Yang Membesarkanmu, Untukmu Ayah!!!

Baca Juga: Viral Warganet di Ambon, Video Baku Hantam 2 Polisi Versus 1 TNI Berujung Dengan Damai

Menu usul sanggah pada aplikasi cek bansos ini memiliki fitur menyanggah atau memberikan tanggapan kelayakan terhadap masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial tetapi sebetulnya secara ekonomi tergolong mampu (inclusion error) serta fitur usulan yang bisa mengusulkan masyarakat yang dianggap layak mendapatkan bantuan tetapi belum terdaftar (exclusion error). Semua proses ini akan diteruskan kepada pemerintah daerah melalui dinas sosial untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan.

Aplikasi cek bansos dapat di download di google play store melalui smartphone dengan alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemensos.pelaporan. Aplikasi ini akan terus diperbarui versinya apabila ada penambahan fitur baru, perbaikan bugs, dan perbaikan lainnya.

Selain melakukan penyempurnaan aplikasi, pada kegiatan ini juga dilakukan penyusunan SOP penggunaan aplikasi, petunjuk teknis, pembuatan video sosialiasi aplikasi cek bansos, dan pembuatan video tutorial penggunaan aplikasi.

Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi salah satu kanal bagi masyarakat untuk aktif dalam mengawal penyaluran bantuan sosial yang lebih tepat sasaran.

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Aturan PPKM Level 3 Jelang Nataru 2022 Berikut

Senin, 29 November 2021 | 09:43 WIB

MK Nyatakan UU Cipta Kerja Bertentangan Dengan UU 1945

Kamis, 25 November 2021 | 20:10 WIB

Lowongan Kerja Bulan November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 20:01 WIB

Cek Aplikasi Terbaru Bansos Usul Sanggah Kemensos

Kamis, 25 November 2021 | 12:35 WIB
X