• Sabtu, 4 Desember 2021

Sekretaris APKASI Bidang Kerjasama Daerah : Guru Masih Sebagai Garda Terdepan Pencerdas Generasi Emas Indonesi

- Minggu, 7 November 2021 | 05:34 WIB
Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil. SH selaku Sekretaris Bidang Kerjasama Daerah APKASI menjadi Opening Speaker pada Webinar Nasional Pendidikan & Launching Platform Sahabat  Guru  Kabupaten Purworejo
Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil. SH selaku Sekretaris Bidang Kerjasama Daerah APKASI menjadi Opening Speaker pada Webinar Nasional Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru Kabupaten Purworejo

Selatpanjang, Nyarink.com - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Webinar Pendidikan Kabupaten Purworejo Adiluhung Nusantara menyelenggarakan Webinar Nasional Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru Kabupaten Purworejo dengan tema Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan Global, Sabtu (6/11).

Pada kegiatan ini Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil. SH selaku Sekretaris Bidang Kerjasama Daerah APKASI menjadi Opening Speaker, Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa tugas dan fungsi APKASI yaitu menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan APKASI dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

Dalam pandangan APKASI Pembangunan Sumber daya Manusia secara merata merupakan permasalahan yang menjadi Pekerjaan rumah pemerintah, karena kualitas sumber daya manusia sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa ditengah persaingan regional dan global.

Baca Juga: Smartpayment Merupakan Token Buatan Anak Bangsa

"Dalam permasalahan perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya. Tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter,"ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menginformasikan kepada seluruh peserta Webinar bahwa selama 10 tahun terakhir APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga Pendidik di 180 daerah di Indonesia. Sebagai Wujud percepatan pemerataan pendidikan di tanah air, APKASI bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform sahabat guru siap mengawal literasi digital di daerah agar dapat bersaing di era digital.

Pada Akhir sambutan Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil.SH menyampaikan Sebagai garda terdepan pencerdas generasi emas Indonesia, guru memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik,dengan membawa spirit Inspirasi untuk Indonesia Maju.

Baca Juga: OJK: Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Sebagai Pengurus APKASI H. Muhammad Adil. SH ingin APKASI terus berkembang serta menjadi spirit bagi Kabupaten Purworejo bahkan memberikan energi positif bagi Negeri.

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkatkan Kopetensi, 126 Guru KBB Ikuti Lokakarya

Minggu, 21 November 2021 | 21:55 WIB

SDN Cijambu Bandung Barat Simulasikan ANBK

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:08 WIB
X