• Senin, 6 Desember 2021

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Bantah Permendikbudristek Legalkan Zina

- Rabu, 10 November 2021 | 10:15 WIB
Pelecahan Seksual. (Ilustrasi / Freepik)
Pelecahan Seksual. (Ilustrasi / Freepik)

Nyarink.com - Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam membantah, adanya pelegalan zina dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi. 

Menurut Nizam, ada kesalahan persepsi atau sudut pandang terkait Permendikbudristek ini. Karena beberapa pihak menganggap peraturan ini melegalkan praktik perzinahan di lingkungan kampus.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Cimahi dan Sekitarnya

"Tidak ada satu kata pun didalam Permen PPKS ini yang menunjukkan bahwa Kemendikbudristek memperbolehkan perzinahan. Tajuk diawal Permendikbudristek ini adalah 'pencegahan', bukan 'pelegalan'," ucap Nizam dalam keterangannya.

Didalam Permendikbudristek PPKS fokus pada tujuan mencegah dan mengatasi tindak kekerasan seksual. Lagi pula, kata dia, kekerasan seksual di sektor pendidikan tinggi menjadi kewenangan Kemendikbudristek. Sebagaimana substansi yang tertuang dalam Permendikbudristek tentang PPKS ini.

Keluarnya Permendikbud ini atas dasar sejumlah laporan dari beberapa organisasi dan perwakilan mahasiswa. Masalah ini menjadikan keresahan terlebih menurut kajian, kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi tidak ditindaklanjuti oleh pimpinan perguruan tinggi.

Baca Juga: Pemerintah Mengajak Semua Element Masyarakat Untuk Mengelola Kampung Wisata di Kota Cimahi

"Mereka rata-rata takut melapor dan kejadian kekerasan seksual itu menimbulkan trauma bagi korban. Atas desakan itu, peraturan ini dikeluarkan," ujarnya.

Lebih dari itu, lanjut Nizam bahwa pada Permendikbudristek PPKS juga sekaligus merancang keamanan bagi segenap warga kampus sehingga memudahjan pimpinan kampus. 

Halaman:

Editor: Wira Dirgantara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkatkan Kopetensi, 126 Guru KBB Ikuti Lokakarya

Minggu, 21 November 2021 | 21:55 WIB

SDN Cijambu Bandung Barat Simulasikan ANBK

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:08 WIB
X