• Rabu, 26 Januari 2022

Seorang Anak Tidak Bakal Masuk Surga, Jika Abai Terhadap Kewajiban Berikut

- Rabu, 22 Desember 2021 | 10:26 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

 

Nyarink.com - Islam sebenarnya telah banyak mengajarkan kaidah dan aturan tentang hubungan anak dan orangtua. Untuk anak ada kewajiban yang harus dilakukan terhadap orangtua, dan hak yang bisa diperoleh dari orangtua. Menjadi anak adalah status yang harus disyukuri dan jaga, agar ia menjadi ladang taqwa dan pahala. Nasib kehidupan seseorang di dunia dan akhirat, di antaranya ditentukan oleh akhlaknya terhadap orangtua, jika akhlaknya baik, maka kehidupannya akan baik. Jika akhlaknya jelek, maka kehidupannya tidak barokah. Berikut Kilas Cimahi akan memaparkan mengenai ciri-ciri anak yang tidak akan masuk surga

 Salah satu sub tema tentang birrul walidain (berbuat baik kepada orangtua) yang harus kita pelajari adalah tentang ciri anak yang celaka dan rugi, yaitu anak yang tidak akan masuk surga.  

 Dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Celaka seseorang, celaka seseorang, celaka seseorang." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah! Siapa (yang celaka)?" Rasulullah menjawab, "Orang yang mendapati kedua orang tuanya atau salah satunya (dalam keadaan tua) lalu dia (tidak berbakti), maka dia masuk neraka."

Baca Juga: Meranti Bersholawat, Pemkab Datangkan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf

Menurut hadits di atas, bahwa ciri anak yang akan celaka dan rugi adalah, anak yang memiliki orangtua yang sudah sepuh, namun dia gagal berbuat baik kepadanya. 

Saat Orangtua Sudah Sepuh

Saat orangtua sudah sepuh adalah saat di mana mereka mengalami kondisi yang tidak lagi ideal dan normal. Sesuai sunatullah yang berlaku, di usia tua, manusia mengalami penurunan kualitas diri, baik fisik maupun akal. Bahkan tidak sedikit, di usia tua yang mengalami kondisi sakit yang menahun, tidak bisa makan, tidak bisa jalan, tidak bisa mendengar, tidak bisa melihat, buang airpun harus di tempat tidur.

Kecelakaan Bagi Anak Yang Gagal Berbuat Baik

Halaman:

Editor: Sudaryat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ambalan Ke-53 Jadi Ajang Silahturahmi

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:25 WIB

Pesan Untuk Mahasiswa Dari Puan Maharani?

Jumat, 24 Desember 2021 | 21:08 WIB

Tingkatkan Kopetensi, 126 Guru KBB Ikuti Lokakarya

Minggu, 21 November 2021 | 21:55 WIB
X