• Rabu, 26 Januari 2022

Sudut Sejarah : Satu - Satunya Skriptorium Peninggalan Kerajaan Sunda

- Jumat, 24 Desember 2021 | 12:33 WIB
Potret Artefak Naskah Kuno Peninggalan Sejarah Situs Ciburuy. (Nyarik/Sejarah_Sunda)
Potret Artefak Naskah Kuno Peninggalan Sejarah Situs Ciburuy. (Nyarik/Sejarah_Sunda)

Nyarink.com - Peninggalan Sejarah Situs Ciburuy terkenal akan 3 artefak naskah kuno yang tertulis di atas daun lontar yang tersimpan dalam peti khusus. Peti khusus ini terletak di sebuah gubuk untuk menyimpan naskah-naskah terdahulu peninggalan Kerajaan Pasundan.

Hanya satu naskah yang dapat terbaca dan tersampaikan kepada publik hingga saat ini. 2 naskah yang lain akan juru kunci buka khusus dalam syukuran Seba.

Naskah pertama ini namanya Amanat Galunggung. Isinya merupakan tata kaidah hidup, etika dan budi pekerti masyarakat Sunda Wiwitan. Dikutip dari akun Facebook@Sejarah_Sunda.

Baca Juga: Dengarkan Keluh Kesan Tubuhmu, Jangan Kamu Palingkan Muka

Secara kuantitatif, jumlah naskah yang terdapat dalam ketiga peti tersebut, masing-masing: dalam peti pertama berisi sebelas kropak triplek yang masing-masing terbungkus sarung kain putih. Kesebelas kropak ini semuanya berisi naskah berbahan lontar digores dengan pisau pangot. Kropak triplek ini tampak dibuat sekitar tahun 1990-an.

Dalam peti kedua berisi enam kropak kayu aslinya yang bercat warna merah jingga, tigakropak di antaranya berhias motif tanaman rambat. Adapun bahan naskahnya terdiri atas dua kropak berbahan lontar digores dengan pisau pangot beraksara Sunda, dan empat kropak berbahan nipah ditulis dengan tinta beraksara Budis/Gunung.

Dalam peti ketiga berisi empat kropak berwarna merah jingga bermotif tanaman rambat, dan empat bundel naskah dengan penjepit kayu, jadi berjumlah delapan naskah yang semuanya berbahan lontar digores dengan pisau pangot beraksara Sunda.

Baca Juga: Sudut Renungan Hari Ibu : MENAFKAHI ORANG TUA

Halaman:

Editor: Wira Dirgantara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Open BO Kode Identik Jasa Prostitusi Online

Jumat, 14 Januari 2022 | 06:15 WIB

Oknum TKSK Palsukan Identitas Warga Bandul

Kamis, 6 Januari 2022 | 19:58 WIB

Angin Segar, KJP Plus Akan Cair Pekan Ini

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:04 WIB

Selama 40 Tahun Seorang Kakek Selalu Membawa Tuyul

Selasa, 28 Desember 2021 | 12:52 WIB
X