• Rabu, 26 Januari 2022

Selain Lezat, Peuyeum Bandung di Yakini Memiliki Sejumlah Khasiat Seperti Berikut

- Kamis, 30 Desember 2021 | 07:49 WIB

Nyarink.com - Peuyeum Bandung atau tape adalah salah satu jenis makanan khas tanah Pasundan yang berbahan dasar singkong. Selain itu, ada juga yang berbahan beras ketan hitam dan putih yang sudah difermentasikan.

Peuyeum, makanan khas ini biasanya banyak di jumpai di pusat jajanan atau oleh-oleh. Peuyeum umumnya juga dijual dengan cara digantungkan dilangit-langit depan warung di pinggiran jalan. Waktu dulu, malah banyak penjual peuyeum keliling yang sengaja menjajakan keliling kampung. Namun, saat ini sudah jarang sekali  ditemukan.

Sejarah Dari Peuyeum Khas Sunda

Berdasarkan sejarahnya, Bandung merupakan kota yang memiliki cuaca dingin pegaruh banyaknya pegunungan. Warga Bandung zaman dahulu memanfaatkan singkong yang banyak tumbuh di daerah Bandung untuk dibuat peuyeum.

Baca Juga: Saat Takziah, Satu Orang Yang Tertimpa Talang Air Meninggal

Megutip dari apasih.web.id orang-orang Bandung zaman dahulu percaya jika menkonsumsi peuyeum bisa menghangatkan tubuh. Khasiat yang dihasilkan dari peuyeum sampeu (tape singkong) diyakini akibat dari singkong yang di fermentasikan.

Manfaat peuyeum Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selain memiliki rasa yang legit, peuyeum Bandung juga di yakini memiliki banyak sekali khasiat. Seperti diantranya,

1. Mencegah Anemia

Peuyeum atau yang dikenal juga dengan tape singkong ini dikenal bisa membantu untuk mencegah anemia. Anemia ini disebabkan lantaran turunnya produksi sel darah merah sehingga mengakibatkan tubuh lemah dan tidak bertenaga.
Dikarenakan adanya proses fermentasi pada saat membuat peuyeum ini, menjadikan di dalam peuyeum mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang bisa membantu meningkatkan produksi dari vitamin B12. Dan vitamin B12 ini memiliki peran bisa membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga pada akhirnya tubuh tidak kekurangan sel darah merah lagi.

Halaman:

Editor: ink1

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Open BO Kode Identik Jasa Prostitusi Online

Jumat, 14 Januari 2022 | 06:15 WIB

Oknum TKSK Palsukan Identitas Warga Bandul

Kamis, 6 Januari 2022 | 19:58 WIB

Angin Segar, KJP Plus Akan Cair Pekan Ini

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:04 WIB

Selama 40 Tahun Seorang Kakek Selalu Membawa Tuyul

Selasa, 28 Desember 2021 | 12:52 WIB
X