• Jumat, 12 Agustus 2022

Diskominfotik Meranti Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Evaluasi SPBE

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:19 WIB
Kegiatan bimbingan teknis penyusunan laporan evaluasi SPBE
Kegiatan bimbingan teknis penyusunan laporan evaluasi SPBE

MERANTI,  Nyarink.com - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada seluruh OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Khususnya Kepada Seluruh Kepala Sub Bagian Umum, Selasa, (28/6/2022) di Gedung Afiffa Sport Center, Jl.Banglas Selatpanjang.

Dalam Sambutannya Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Kepulauan Meranti, Drs. Irmansyah mengungkapkan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa tranformasi digital harus segera dilakukan.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, saya mengapresiasi kepada Dinas Kominfotik Kepulauan Meranti yang telah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada hari ini, kegiatan ini sebagai wujud penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang terencana dan terpadu," ungkapnya.

Baca Juga: HM Adil ikuti Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022

Dijelaskan Irmansyah, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) adalah Penyelenggaraan Pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Pelaksanaan SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah bertujuan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

"Hal tersebut selaras dengan visi misi Kabupaten Kepulauan Meranti, tepatnya pada misi yang ke-6 yaitu menciptakan tata kelola Pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab dalam memberikan layanan yang prima," ujarnya.

Selanjutnya, kata Irmansyah, agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan sesua yang diinginkan, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di setiap instansi Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk menghasilkan suatu nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan Pemerintahan Daerah.

Baca Juga: Pemekaran di Bengkalis Kembali Jadi Sorotan, Komisi l dan Bapemperda Gelar Rapat

"Agar penilaian ini dapat dilaksanakan secara efektif dan objektif, maka perlu disusun pedoman evaluasi yang dapat dipahami oleh semua pemangku kepentingan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," ucapnya.

Halaman:

Editor: Eni Wiyarti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Emoji Durian Viral di TikTok?

Rabu, 15 Desember 2021 | 19:34 WIB

Wiihh ternyata Ada Fitur Baru Whatsapp di iPhone

Selasa, 14 Desember 2021 | 10:16 WIB

Arti Tentang Teknologi Satelit dan Fungsinya

Senin, 6 Desember 2021 | 08:17 WIB

Spotify Rilis Ulang Fitur Lirik Secara Real-Time

Sabtu, 27 November 2021 | 20:03 WIB

Fase SmartPayment Menjadi Sorotan

Selasa, 16 November 2021 | 21:10 WIB

Twitter Promosikan Percakapan Online

Selasa, 16 November 2021 | 08:59 WIB
X